08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

ANRI dan DPKA Kolaborasi Penobatan Duta Arsip Aceh Tahun 2023

ANRI dan DPKA Kolaborasi Penobatan Duta Arsip Aceh Tahun 2023 ANRI dan DPKA Kolaborasi Penobatan Duta Arsip Aceh Tahun 2023 ANRI dan DPKA Kolaborasi Penobatan Duta Arsip Aceh Tahun 2023 ANRI dan DPKA Kolaborasi Penobatan Duta Arsip Aceh Tahun 2023

22

Nov 23

ANRI dan DPKA Kolaborasi Penobatan Duta Arsip Aceh Tahun 2023

Banda Aceh - 22/11/2023, Deputi Bidang Konservasi Arsip, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Kandar bersama Kepala Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST), M. Ihwan menghadiri kegiatan penobatan Duta Arsip Provinsi Aceh Tahun 2023 dalam acara Hari Kunjung Perpustakaan yang mengusung tema "Perpustakaan Pusat Literasi Generasi Unggul" yang dilaksanakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh (DPKA). Kegiatan ini juga dihadiri oleh Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Aceh, Achmad Marzuki, perwakilan lembaga perpustakaan dan kearsipan se-Aceh, pegiat literasi, penulis, mahasiswa dan siswa di berbagai tingkatan sekolah di Aceh.

Pada kegiatan penobatan tersebut, keluar sebagai pemenang pertama putra, Syahrul Ramadhan, pemenang pertama putri Getharina Amarsya, pemenang kedua putra, Muammar, pemenang kedua putri, Siti Assyifa Muharramy Rusli, pemenang ketiga putra Effendi, dan pemenang ketiga putri, Nirwana Almadania.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Kandar kepada para pemenang Duta Arsip Provinsi Aceh Tahun 2023. Sebagai pemenang diharapkan para Duta Arsip Provinsi Aceh Tahun 2023 dapat memberikan kemanfaatan kepada masyarakat, terutama dalam hal meningkatkan kesadaran akan pentingnya arsip. Selain penobatan Duta Arsip Provinsi Aceh Tahun 2023, turut dilaksanakan pula penyerahan penghargaan Simpul Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN). Penghargaan ini diberikan kepada Kota Banda Aceh, Kabupaten Aceh Tengah, dan Kabupaten Aceh Jaya.

Sebagai informasi, sebelumnya duta arsip ini mengikuti rangkaian seleksi dengan dewan juri di antaranya, Kepala BAST, Muhamad Ihwan, Kepala DPKA, Edi Yandra, Kepala Pusat Arsip Universitas Syiah Kuala (USK), Mawardi, Kepala Bidang Pemanfaatan dan Layanan Arsip, Muslem.

Edi Yandra mengungkapkan bahwa keberadaan Duta Arsip sangat penting di masa sekarang ini. Hal ini dikarenakan tugasnya dalam menyosialisasikan dan mengajak masyarakat untuk mengenal arsip sebagai bagian dari pemersatu bangsa. Oleh karenanya, sudah seharusnya Duta Arsip memahami kearsipan sehingga nantinya Duta Arsip dapat menyampaikan pentingnya arsip dengan baik kepada masyarakat.

Acara pemilihan Duta Arsip Provinsi Aceh Tahun 2023 ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilakukan di Aceh. Tujuan pelaksanaannya adalah untuk menciptakan generasi yang paham tentang kearsipan serta sebagai upaya menyebarluaskan dan mempromosikan pentingnya arsip kepada publik, guna meningkatkan sadar arsip kepada masyarakat.

( sr )

 


Penulis : sr
Editor : tk

Bagikan

Views: 517