Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta 12560

Uber Arsip
Logo ANRI

ANRI dan Jawa Barat Sepakati Kerja Sama Penyelamatan dan Pemanfaatan Arsip Pandemi Covid-19

ANRI dan Jawa Barat Sepakati Kerja Sama Penyelamatan dan Pemanfaatan Arsip Pandemi Covid-19 ANRI dan Jawa Barat Sepakati Kerja Sama Penyelamatan dan Pemanfaatan Arsip Pandemi Covid-19 ANRI dan Jawa Barat Sepakati Kerja Sama Penyelamatan dan Pemanfaatan Arsip Pandemi Covid-19 ANRI dan Jawa Barat Sepakati Kerja Sama Penyelamatan dan Pemanfaatan Arsip Pandemi Covid-19 ANRI dan Jawa Barat Sepakati Kerja Sama Penyelamatan dan Pemanfaatan Arsip Pandemi Covid-19

28

Apr 21

ANRI dan Jawa Barat Sepakati Kerja Sama Penyelamatan dan Pemanfaatan Arsip Pandemi Covid-19

ANRI, Jawa Barat (22/4/2021) – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), M. Taufik dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menandatangani Nota Kesepakatan tentang Penyelamatan dan Pemanfaatan Arsip Penanganan Covid-19 di Provinsi Jawa Barat bertempat di Gedung Pakuan, Bandung. Dalam kesempatan ini, M. Taufik juga menyerahkan arsip foto imunisasi masal untuk mencegah penyakit tuberculosis di Cirebon, Jawa Barat pada 1921 yang merupakan Khazanah ANRI dari inventaris KIT Jabar nomor 133/30 kepada Ridwan Kamil.

Dalam sambutannya M. Taufik menyatakan kesiapan ANRI dalam mendukung kegiatan penyelamatan dan pemanfaatan arsip pandemi Covid-19 di lingkungan Provinsi Jawa Barat. Lebih lanjut, M. Taufik menyampaikan bahwa ANRI telah memiliki konsep pembangunan Galeri Arsip Pandemi Covid-19 yang akan menjadi pusat pengetahuan dan pembelajaran bagi masyarakat.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil juga menyampaikan ucapan terima kasih atas ditunjuknya Jawa Barat sebagai daerah percontohan untuk penyelamatan dan pemanfaatan arsip Covid-19. Sebagai provinsi dengan populasi terbesar di Indonesia dan keragaman bentuk administrasi pemerintahan hingga ke tingkat desa, Jawa Barat merupakan wilayah yang tepat untuk menjadi sampel daerah dengan berbagai problematika dalam penanganan Covid-19.

Dalam kesempatan ini, dilakukan pula penandatanganan Rencana Kerja Penyelamatan dan Pemanfaatan Arsip Penanganan Covid-19 di Provinsi Jawa Barat oleh Plt. Deputi Bidang Konservasi Arsip, Multi Siswati dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat, Ahmad Hadadi. Melalui penandatanganan nota kesepakatan dan rencana kerja tersebut, diharapkan akan meningkatkan hubungan kelembagaan dan sinergitas antara ANRI dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam membangun kearsipan nasional.

( agp )