08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI
ANRI dan LAN Serahkan Arsip Statis ke ANRI ANRI dan LAN Serahkan Arsip Statis ke ANRI ANRI dan LAN Serahkan Arsip Statis ke ANRI ANRI dan LAN Serahkan Arsip Statis ke ANRI ANRI dan LAN Serahkan Arsip Statis ke ANRI

09

Nov 20

ANRI dan LAN Serahkan Arsip Statis ke ANRI

Jakarta (9/11/2020) -  Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan Lembaga Administrasi Negara (LAN) menyerahkan arsip statis kepada ANRI yang digelar secara simbolis di Ruang Serba Guna Noerhadi Magetsari, ANRI, Jakarta. Kegiatan yang dihadiri Pelaksana Tugas (Plt) Kepala ANRI, M. Taufik dan Kepala LAN Adi Suryanto tersebut juga ditayangkan secara daring melalui Zoom Meeting.

Dalam sambutannya, Plt. Kepala ANRI, M. Taufik menyampaikan bahwa arsip yang diserahkan, akan dimanfaatkan dan diperdayagunakan bagi pelajar, peneliti, serta masyarakat luas.  Arsip tidak hanya disimpan, tetapi arsip juga merupakan informasi yang dapat dimanfaatkan. Arsip juga penting dalam hal mewujudkan cita-cita nasional.

“Terkait dengan kebijakan Presiden dalam menciptakan smart government, kita memayungi arsip dalam konteks menaungi arsip auntentik untuk Indonesia, khususnya terkait menciptakan smart government. Kearsipan menjadi ruh dalam mewujudkan cita-cita nasional tersebut,” ucap M. Taufik.

Adapun arsip LAN yang diserahkan ke ANRI merupakan arsip personal file kepala LAN dan pejabat Eselon I di lingkungan LAN, serta hasil kajian Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan dalam kurun waktu 1961-2016 sebanyak 49 nomor.  Sedangkan arsip ANRI yang diserahkan merupakan arsip program-program unggulan ANRI kurun waktu 2004-2012 sebanyak 50 nomor.

Dalam laporannya, Plt. Deputi Konservasi Arsip, Multi Siswati menyampaikan serah terima yang dilakukan ANRI dan LAN merupakan perwujudan dari Undang-Undang 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan di mana lembaga negara wajib menyerahkan arsip statis ke lembaga kearsipan, termasuk ANRI yang juga merupakan lembaga negara dan wajib menyerahkan arsip statisnya ke lembaga kearsipan, dalam hal ini  ANRI.  

Kepala LAN, Adi Suryanto mengucapkan terima kasih kepada ANRI atas pembinaan dalam pengelolaan arsip yang telah dilakukan oleh ANRI. Kegiatan ini juga merupakan bentuk kerja sama serta selanjutnya membangun kolaborasi untuk mendorong pengelolaan arsip secara keseluruhan. Salah satunya adalah ke depan dimungkinkan untuk kolaborasi pemenuhan kebutuhan sumber daya manusia di bidang kearsipan, sehingga kebutuhan arsiparis khususnya di daerah bisa terpenuhi.

Setelah kegiatan serah terima arsip, Kepala LAN beserta jajaran berkunjung ke Depot Arsip Statis didampingi Plt. Kepala ANRI dengan tetap menerapkan jaga jarak dan protokol kesehatan. (TH)

( TH )


Penulis : TH

Bagikan

Views: 875