08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

ANRI dan LAPAN laksanakan MOU kearsipan dirgantara

ANRI dan LAPAN laksanakan MOU kearsipan dirgantara

27

Sep 19

ANRI dan LAPAN laksanakan MOU kearsipan dirgantara

Jakarta, (27/9) - ANRI dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) melaksanakan Nota Kesepemahaman tentang Penyelenggaraan Kearsipan Nasional di Bidang Kedirgantaraan.

 

Nota Kesepemahaman tersebut ditandatangai oleh Plt. Kepala ANRI M. Taufik dan Kepala Lapan Thomas Djamaluddin pada acara Ekspose Kerja sama Penerbangan dan Antariksa dan Seremoni Penandatanganan Naskah Kerja Sama yang di adakan oleh LAPAN di Hotel Grand Mercure, Jakarta.

 

Acara Ekspose Kerja sama Penerbangan dan Antariksa yang diselenggarakan oleh LAPAN ini diadakan dalam bentuk talkshow. Tujuan diadakannya acara ini adalah sebagai penyampaian informasi hasil penelitian dan pengembangan yang dilakukan LAPAN. Dalam talkshow ini disampaikan informasi berkaitan dengan penelitian dan pengembangan sains dan teknologi penerbangan dan antariksa yang telah dilakukan oleh LAPAN.

 

Kepala LAPAN, Thomas Djamaluddin, dalam sambutannya menyatakan bahwa kerja sama adalah hal yang penting. Kerja sama dapat menjadi wadah LAPAN dan para mitra untuk saling menggunakan sumber daya masing-masing dalam rangka memperkuat dan mempercepat tercapainya tujuan masing-masing.

 

Pada sesi talkshhow, Deputi LAPAN saling menjelaskan kompetensi dan hasil litbang yang mereka bawahi. Di antaranya adalah Satelit LAPAN–A3/LAPAN-IPB (yang memiliki misi pemantauan lahan, pemantauan kapal, keilmuan, dan uji eksperimen), pengembangan Roket seri RX (RX 450 dan RX 1220), dan Pesawat N-219, sebagaimana dijelaskan oleh Deputi bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa, Rika Andiarti.

 

Pada bidang Sains Antariksa dan Atmosfer, LAPAN telah mengembangkan Satellite-based Disaster Early Warning System (SADEWA) dan Space Weather Information and Forecast Services (SWIFTs), sebagaimana dijelaskan oleh Deputi bidang Sains Antariksa, Afif, Budiono.

 

Juga pada bidang Penginderaan Jauh, LAPAN telah mengembangkan Bank Data Penginderaan Jauh dan Katalog Inderaja, sebagaimana dijelaskan oleh Deputi bidang Penginderaan Jauh, Orbita Roswiantiarti.

 

Plt. Kepala ANRI yang di dampingi Pimpinan Tinggi Pratama dan Madya di lingkungan ANRI menyaksikan penandatanganan kerjasama antara LAPAN dengan mitra kerja sama. Mitra kerja sama LAPAN antara lain ANRI, LIPI, BIG, BSN, Pemkab Pesisir Selatan, Pemkab Tojo Una-Una, Universitas Wiraraja, Universitas Riau, UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Universitas Pancasila, Universitas Muhammadiyah Surakarta, PT Dahana, PT TAP Applied Agri Services, dan PT AAT.

 

Nota Kesepemahaman antara ANRI dengan LAPAN Bertujuan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan kearsipan serta penyelamatan, pelestarian, pengelolaan dan pemanfaatan arsip statis di bidang kedirgantaraan.(lnh)


Bagikan

Views: 760