08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

ANRI DAN SENAYAN CITY GELAR PAMERAN ARSIP KEMERDEKAAN RI

ANRI DAN SENAYAN CITY GELAR PAMERAN ARSIP KEMERDEKAAN RI

11

Aug 17

ANRI DAN SENAYAN CITY GELAR PAMERAN ARSIP KEMERDEKAAN RI

Kemerdekaan yang diraih bangsa Indonesia bukan merupakan kerja orang perorang atau individu. Hal ini merupakan hasil dari sebuah kerja bersama yang didasari oleh nilai-nilai gotong royong yang telah mengakar dalam budaya rakyat Indonesia. Semangat persaudaraan dan bahu membahu merupakan salah satu faktor utama yang dimiliki oleh bangsa Indonesia dalam mencapai, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan.

Dalam peringatan 72 Tahun Indonesia Merdeka ini, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyelenggarakan pameran arsip statis bekerja sama dengan Senayan City dengan tema “KERJA BERSAMA MEMBANGUN NEGERI”. Tanpa kerja bersama, kemerdekaan dan cita-cita luhur kemerdekaan tidak akan tercapai. Pameran arsip berlangsung mulai 11 – 30 Agustus 2017.

Pameran ini menampilkan arsip-arsip yang menggambaran capaian pembangunan sebagai upaya untuk terus mewujudkan cita-cita kemerdekaan Republik Indonesia, masyarakat adil dan makmur.  Arsip yang dipamerkan antara lain arsip mengenai saat-saat Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dikumandangkan dan pembangunan-pembangunan yang dilakukan pasca kemerdekaan antara lain Gelora Senayan yang sekarang bernama Gelora Bung Karno, Jembatan Semanggi, Hotel Indonesia, Monumen Nasional, Masjid Istiqlal, dan keberhasilan lainnya pada masa Pemerintahaan Presiden Sukarno hingga Joko Widodo.

"Gambaran peristiwa yang terekam dalam arsip tersebut dapat menjadi sarana pembelajaran dan contoh yang baik bagi kita dari para pendahulu, baik mengenai kekurangan maupun kelebihannya dalam mempertahankan kemerdekaaan maupun membangun negeri yang kita cintai ini", tutur Kepala ANRI Mustari Irawan.

Selain itu, dengan adanya pameran arsip ini diharapkan dapat menjadi sumber ilmu pengetahuan, pendidikan, dan penelitian bagi dosen, guru, mahasiswa, pelajar maupun masyarakat umum. Hal ini sesuai dengan program nawacita Presiden Jokowi khususnya mengenai revolusi karakter bangsa melalui kebijakan penataan kembali kurikulum pendidikan nasional dengan mengedepankan aspek pendidikan kewarganegaraan, yang menempatkan secara proporsional aspek pendidikan, seperti pengajaran sejarah pembentukan bangsa, nilai-nilai patriotisme dan cinta Tanah Air, semangat bela negara dan budi pekerti di dalam kurikulum pendidikan Indonesia.

"Pameran Arsip “Kerja Bersama Membangun Negeri”, selain diselenggarakan di Senayan City, juga dilaksanakan di Sarinah dan Bandara Soekarno-Hatta", terang Mustari. (sa) 

 

DIRGAHAYU KE – 72 REPUBLIK INDONESIA!


Bagikan

Views: 647