08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

ANRI dan Torre de Tombo Bangun Kembali Kerja Sama Kearsipan

ANRI dan Torre de Tombo Bangun Kembali Kerja Sama Kearsipan ANRI dan Torre de Tombo Bangun Kembali Kerja Sama Kearsipan ANRI dan Torre de Tombo Bangun Kembali Kerja Sama Kearsipan ANRI dan Torre de Tombo Bangun Kembali Kerja Sama Kearsipan

16

Mar 23

ANRI dan Torre de Tombo Bangun Kembali Kerja Sama Kearsipan

Lisbon - 16/03/23, Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Imam Gunarto, Penasihat Ahli ANRI Bidang Arsip Kemaritiman, Connie Rahakundini Bakrie dan jajaran delegasi melaksanakan audiensi dengan jaajran Arsip Nasional Portugal (Torre de Tombo) di Lisbon.  Pada kunjungan ini, Kepala ANRI dan delegasi diterima Director General of the National Archives of Portugal, Silvestre Lacerda, Director of the Ultramarine Historical Archives, Ana Canas, serta jajaran pejabat Torre de Tombo.

Pada kesempatan ini kedua belah pihak menyepakati pembentukan kembali kerja sama kedua lembaga yang sudah berakhir sejak 2013. Adapun usulan kegiatan yang akan dilaksanakan antara lain adalah pertukaran arsip hasil alih media, pameran dan publikasi bersama, penominasian arsip dalam register Memory of the World (MoW), serta peningkatan kualitas sumber daya manusia di bidang kearsipan. 

Khususnya terkait register MoW, Torre de Tombo merupakan mitra strategis dalam penominasian Arsip Jalur Rempah yang diinisiasi Indonesia. Torre de Tombo menyimpan arsip emporium Portugis sejak abad ke-9 hingga saat ini. Hal ini sangat dibutuhkan untuk melengkapi khazanah sejarah Indonesia, khususnya sebelum masuknya VOC ke Indonesia. Kunjungan kerja ini diakhiri dengan kunjungan ke fasilitas restorasi arsip statis di Torre de Tombo.

(AGP/TS)


Penulis : TS
Editor : tk

Bagikan

Views: 610