08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

ANRI Gelar Capacity Building Collection Management of Leiden University Library terkait platform International Image Interoperability Framework

ANRI Gelar Capacity Building Collection Management of Leiden University Library terkait platform International Image Interoperability Framework ANRI Gelar Capacity Building Collection Management of Leiden University Library terkait platform International Image Interoperability Framework ANRI Gelar Capacity Building Collection Management of Leiden University Library terkait platform International Image Interoperability Framework ANRI Gelar Capacity Building Collection Management of Leiden University Library terkait platform International Image Interoperability Framework ANRI Gelar Capacity Building Collection Management of Leiden University Library terkait platform International Image Interoperability Framework

11

May 23

ANRI Gelar Capacity Building Collection Management of Leiden University Library terkait platform International Image Interoperability Framework

Jakarta - 11/05/23 - Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menggelar Capacity Building Collection Management of Leiden University Library terkait penggunaan platform International Image Interoperability Framework (IIIF) di Ruang Serbaguna Noerhadi Magetsari, ANRI (11/5).  Acara dibuka secara resmi oleh Sekretaris Utama, Rini Agustiani dan menghadirkan narasumber Direktur Perpustakaan Univeristas Leiden, Kurt De Belder. 

Dalam pembukaannya, Sekretaris Utama, Rini Agustiani menyampaikan bahwa acara ini merupakan tindak lanjut dari kerja sama antara ANRI dan Universitas Leiden.

Pada kesempatan ini, Direktur Perpustakaan Universitas Leiden, Kurt De Belder mengenalkan serta berbagi informasi terkait penggunaan platform IIIF.  

Sebelumnya, pada Maret 2023 ANRI dan Univeristas Leiden menyepakati program eksekutif yang berkontribusi dalam hal preservasi arsip, akses koleksi dan arsip yang dimiliki oleh kedua lembaga. 

Dalam pemaparannya, Kurt De Belder mengatakan bahwa kolaborasi antara perpustakaan, arsip, dan museum sangat penting untuk memberikan akses koleksi dan arsip kepada para peneliti, pelajar, dan publik, serta memastikan mereka dapat menggunakannya dengan baik. Hal yang dibutuhkan untuk agar hal tersebut berjalan dengan baik adalah dengan semangat kolaborasi, koleksi atau arsip disediakan pada akses terbuka, dan menggunakan standar terbuka internasional. 

Kurt De Belder menjelaskan, IIIF sangat membantu untuk menyatukan segala macam isi dari arsip-arsip yang ada.  Lebih lanjut, ia menyebut bahwa dengan pengadaan IIIF juga dapat membantu banyak orang karena tidak adanya keterbatasan ruang dan waktu apabila membutuhkan suatu data mengingat IIIF juga termasuk ke dalam open source platform sehingga dapat digunakan secara komersil, nantinya mereka akan bisa mengunduh atau sekedar melihat buku, transkip, dan berbagai hal lainnya pada platform tersebut. 

Informasi yang tersedia di dalam platform IIIF diperoleh dari unggahan-unggahan para pihak yang telah bekerja sama. Namun, tidak menutup kemungkinan jika nantinya publik juga dapat mengunggah berbagai macam informasi yang mereka nilai layak untuk dipublikasikan. (sa/al)

 

( sa/al )


Penulis : sa/al

Bagikan

Views: 699