08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

ANRI Gelar Ekspose Inventaris Arsip Wees-en Boedelkamers Serie Ordonnantie, Resolutie, en Besluiten

ANRI Gelar Ekspose Inventaris Arsip Wees-en Boedelkamers Serie Ordonnantie, Resolutie, en Besluiten ANRI Gelar Ekspose Inventaris Arsip Wees-en Boedelkamers Serie Ordonnantie, Resolutie, en Besluiten ANRI Gelar Ekspose Inventaris Arsip Wees-en Boedelkamers Serie Ordonnantie, Resolutie, en Besluiten ANRI Gelar Ekspose Inventaris Arsip Wees-en Boedelkamers Serie Ordonnantie, Resolutie, en Besluiten

05

Oct 23

ANRI Gelar Ekspose Inventaris Arsip Wees-en Boedelkamers Serie Ordonnantie, Resolutie, en Besluiten

Jakarta – 5/10/2023, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melalui Direktorat Pengolahan menggelar Ekspose Inventaris Arsip Wees-en Boedelkamers (WBK) Serie Ordonnantie, Resolutie, en Besluiten atau arsip Balai Harta Peninggalan periode Hindia Belanda seri ordonansi, resolusi, dan keputusan di Hotel RA Suites, Jakarta Selatan.

 

Ekspose Inventaris Arsip WBK menghadirkan dua narasumber, yaitu dari Tim Ahli Cagar Budaya Nasional Kemendikbudristek RI, R.P. Ugrasena Pranidhana dan Dosen Program Studi Sastra Belanda, Fakultas Ilmu dan Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia, R. Achmad Sunjayadi.

 

Kedua narasumber tersebut membahas mengenai perkembangan hukum dan perundang-undangan yang berlaku di Hindia Belanda. Narasumber pertama, Ugrasena menjelaskan secara detail ciri produk hukum di Hindia Belanda, seperti grondwet, koninklijk besluit, dan wet. Narasumber kedua, Achmad Sunjayadi menjelaskan mengenai latar belakang terbentuknya perundang-undangan yang berlaku di masa Hindia Belanda.

 

Sebagai informasi, arsip dari khazanah WBK Serie Ordonnantie, Resolutie, en Besluiten telah selesai diolah pada tahun 2023 ini. Dari pengolahan arsip tersebut dihasilkan sebanyak 77,6 meter linier dengan jumlah 2645 nomor arsip. Dengan demikian, arsip dari khazanah WBK di ANRI yang sudah diolah menjadi sebanyak 946,4 meter linier.

 

Kegiatan ekspose ini dihadiri oleh 64 peserta luring dan 600 peserta daring yang merupakan perwakilan dari berbagai instansi, lembaga, organisasi, dan media.

 

(AB/MSW)


Penulis : AB
Editor : sa

Bagikan

Views: 538