08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

ANRI Gelar Rakorda Pembinaan SDM Kearsipan Se-Provinsi Maluku Utara

ANRI Gelar Rakorda Pembinaan SDM Kearsipan Se-Provinsi Maluku Utara ANRI Gelar Rakorda Pembinaan SDM Kearsipan Se-Provinsi Maluku Utara ANRI Gelar Rakorda Pembinaan SDM Kearsipan Se-Provinsi Maluku Utara ANRI Gelar Rakorda Pembinaan SDM Kearsipan Se-Provinsi Maluku Utara ANRI Gelar Rakorda Pembinaan SDM Kearsipan Se-Provinsi Maluku Utara ANRI Gelar Rakorda Pembinaan SDM Kearsipan Se-Provinsi Maluku Utara ANRI Gelar Rakorda Pembinaan SDM Kearsipan Se-Provinsi Maluku Utara

09

Nov 22

ANRI Gelar Rakorda Pembinaan SDM Kearsipan Se-Provinsi Maluku Utara

Ternate - 09/11/22, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melalui Direktorat Sumber Daya Manusia (SDM) dan Akreditasi Kearsipan ANRI,  mengadakan Rapat Koordinasi Daerah  (Rakorda) yang membahas  mengenai Pembinaan  SDM Kearsipan se-Maluku Utara di  Hotel Sahid Bela, Ternate, Rabu (9/11).

Dalam sambutannya, Kepala ANRI, Imam Gunarto mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Maluku Utara yang dalam hal ini diwakili Sekretaris Daerah, Samsuddin A. Kadir karena ANRI dan Pemda Maluku Utara bisa bekerja sama sehingga rakorda bisa terlaksana.

"Maluku Utara merupakan bagian dari jalur rempah, memiliki sejarah yang sangat penting pada masa lalu, melalui arsip bisa menginspirasi agar tidak lagi menjadi hegemoni oleh kekuatan asing. Karena itulah rapat koordinasi ini menjadi penting," ungkap Imam Gunarto.

Diselenggarakannya rakorda ini memiliki tujuan besar, yakni agar bisa mengoptimalkan penyelenggaraan kearsipan daerah dengan cara tertib arsip,  transformasi digital,  dan memori kolektif bangsa bisa diselamatkan.

Imam Gunarto juga mengingatkan pesan Presiden Jokowi  bahwa pemerintahan harus memodernisasi sistem administrasi melalui digitalisasi, salah satunya implementasi digitalisasi di bidang kearsipan, yaitu aplikasi Srikandi.

Rakorda yang dihadiri oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Arsiparis se-Provinsi Malut diisi dengan diskusi yang menghadirkan narasumber Anggota DPR Komisi VI, Rieke Diah Pitaloka yang juga sebagai Duta Arsip melalui aplikasi Zoom Meeting, serta Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara Samsuddin A. Kadir dengan moderator Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan ANRI, Desi Pratiwi.

Rieke Diah Pitaloka dalam paparannya mengatakan mendukung kegiatan ANRI dan berharap agar pemerintah daerah perlu lebih memperhatikan pengelolaan arsip maupun SDM Kearsipan, serta tidak  ada lagi pemerintahan daerah yang menghapus dinas kearsipan.

Dalam paparannya, Samsuddin mengatakan salah satu penyebab hambatan dalam penyelenggaraan kearsipan di pemerintah daerah Maluku Utara disebabkan kurangnya SDM kearsipan atau Arsiparis, sehingga hasil pengawasan kearsipan dari ANRI dinilai kurang.

"Saya mendukung penuh kegiatan ini, sehingga kita dapat mengelola arsip secara baik dan benar," ungkap Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara Samsuddin, A. Kadir.

Samsuddin berharap kebutuhan  terhadap  SDM kearsipan di Maluku Utara agar terus ditingkatkan melalui bimtek  maupun pendidikan dan pelatihan kearsipan yang diselenggarakan ANRI.

( nul )


Penulis : nul
Editor : Sitty Annisaa

Bagikan

Views: 850