08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

ANRI Gelar Rakornas Bidang Kearsipan Tahun 2021

ANRI Gelar Rakornas Bidang Kearsipan Tahun 2021 ANRI Gelar Rakornas Bidang Kearsipan Tahun 2021 ANRI Gelar Rakornas Bidang Kearsipan Tahun 2021 ANRI Gelar Rakornas Bidang Kearsipan Tahun 2021 ANRI Gelar Rakornas Bidang Kearsipan Tahun 2021

08

Jun 21

ANRI Gelar Rakornas Bidang Kearsipan Tahun 2021

Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Kearsipan dalam rangka memperingati Hari Kearsipan ke-50 yang diselenggarakan secara luring dan daring. Acara Rakornas diikuti oleh peserta yang berasal dari kementerian, lembaga, provinsi, kabupaten, kota, BUMN, Perguruan Tinggi serta komunitas kearsipan di Indonesia.

Rakornas ini diselenggarakan sebagai upaya meningkatkan kualitas peran dan kemanfaatan bidang kearsipan dalam seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara yang tanggap terhadap dinamika era pemerintahan berbasis elektronik.

Rakornas tersebut juga merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka Peringatan Hari Kearsipan ke-50 Tahun 2021 yang jatuh pada 18 Mei 2021. Peringatan Hari Kearsipan ke-50 ini merupakan momentum emas bagi Bidang Kearsipan untuk terus bersama-sama melangkah maju mendukung program pemerintahan berbasis elektronik, sesuai dengan tema Hari Kearsipan Ke-50 “Tahun Emas Kearsipan: Satukan Langkah Mewujudkan Arsip Digital”.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala ANRI M. Taufik berharap penyelenggaraan kearsipan di Indonesia dilakukan berbasis digital. "Diharapkan penyelenggaraan kearsipan mampu mendorong cara-cara baru pengelolaan arsip ke arah digital supaya lebih efektif dan efisien", terang Plt. Kepala ANRI, M. Taufik dalam sambutan.

Lebih lanjut M. Taufik menyampaikan bahwa inovasi di bidang kearsipan harus terus dilakukan, sistem pengamanan arsip terus ditingkatkan karena paradigma saat ini kearsipan bukan hanya untuk pengelolaan arsip pemerintah tetapi juga untuk tema-tema publik yang berisikan konten dengan layanan arsip yang cepat dan optimal.


"Kami sangat mengapresiasi upaya nyata ANRI untuk bertransformasi menjadi salah satu instansi yang berperan dalam transformasi digital nasional", terang Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang diwakili oleh Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Kementerian PANRB, Alex Denni.

Ditambahkan olehnya, pengelolaan arsip yang baik dan benar akan turut mendukung penyediaan arsip yang autentik dan terpercaya, sehingga diharapkan terciptanya tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien.

Pada Rakornas Kearsipan Tahun 2021, turut hadir para narasumber dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

( is )


Penulis : is
Editor : tk

Bagikan

Views: 1769