Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta 12560

Uber Arsip
Logo ANRI

ANRI Gelar Seminar Kearsipan Online “Mengubah Ancaman Covid-19 Menjadi Peluang dalam Mendukung Terwujudnya Penyelamatan Arsip sebagai Bahan Akuntabilitas dan Warisan Dokumenter”

ANRI Gelar Seminar Kearsipan Online “Mengubah Ancaman Covid-19 Menjadi Peluang dalam Mendukung Terwujudnya Penyelamatan Arsip sebagai Bahan Akuntabilitas dan Warisan Dokumenter” ANRI Gelar Seminar Kearsipan Online “Mengubah Ancaman Covid-19 Menjadi Peluang dalam Mendukung Terwujudnya Penyelamatan Arsip sebagai Bahan Akuntabilitas dan Warisan Dokumenter” ANRI Gelar Seminar Kearsipan Online “Mengubah Ancaman Covid-19 Menjadi Peluang dalam Mendukung Terwujudnya Penyelamatan Arsip sebagai Bahan Akuntabilitas dan Warisan Dokumenter” ANRI Gelar Seminar Kearsipan Online “Mengubah Ancaman Covid-19 Menjadi Peluang dalam Mendukung Terwujudnya Penyelamatan Arsip sebagai Bahan Akuntabilitas dan Warisan Dokumenter” ANRI Gelar Seminar Kearsipan Online “Mengubah Ancaman Covid-19 Menjadi Peluang dalam Mendukung Terwujudnya Penyelamatan Arsip sebagai Bahan Akuntabilitas dan Warisan Dokumenter” ANRI Gelar Seminar Kearsipan Online “Mengubah Ancaman Covid-19 Menjadi Peluang dalam Mendukung Terwujudnya Penyelamatan Arsip sebagai Bahan Akuntabilitas dan Warisan Dokumenter” ANRI Gelar Seminar Kearsipan Online “Mengubah Ancaman Covid-19 Menjadi Peluang dalam Mendukung Terwujudnya Penyelamatan Arsip sebagai Bahan Akuntabilitas dan Warisan Dokumenter” ANRI Gelar Seminar Kearsipan Online “Mengubah Ancaman Covid-19 Menjadi Peluang dalam Mendukung Terwujudnya Penyelamatan Arsip sebagai Bahan Akuntabilitas dan Warisan Dokumenter” ANRI Gelar Seminar Kearsipan Online “Mengubah Ancaman Covid-19 Menjadi Peluang dalam Mendukung Terwujudnya Penyelamatan Arsip sebagai Bahan Akuntabilitas dan Warisan Dokumenter”

05

Aug 20

ANRI Gelar Seminar Kearsipan Online “Mengubah Ancaman Covid-19 Menjadi Peluang dalam Mendukung Terwujudnya Penyelamatan Arsip sebagai Bahan Akuntabilitas dan Warisan Dokumenter”

Jakarta (5/8/2020),  Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) bekerja sama dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menggelar seminar kearsipan online dengan tema “Mengubah Ancaman Covid-19 menjadi Peluang dalam Mendukung Terwujudnya Penyelamatan Arsip sebagai Bahan Akuntabilitas dan Warisan Dokumenter” pada Rabu, 5 Agustus 2020.

Webinar yang digelar melalui aplikasi Zoom Meeting dan ditayangkan secara langsung melalui kanal Youtube Arsip Nasional RI tersebut, diikuti oleh lebih dari 1.300 peserta dan dihadiri oleh Deputi Bidang Politik, Hukum, Pertahanan dan Keamanan Kementerian PPN/Bappenas Slamet Soedarsono, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Direktur Anggaran Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Anggaran (DJA)  Kementerian Keuangan Purwanto, serta Pakar Kebijakan dan Manajemen, Erman Suparno.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala ANRI, M. Taufik dalam laporan kegiatannya  menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah agar kearsipan mengemuka dan memberi peran dalam pembangunan nasional.  “Tidak hanya berdialog, tetapi acara ini juga dipandang strategis karena menghadirkan stakeholders dan diharapkan menyamakan langkah serta solusi dalam penanganan arsip-arsip Covid-19,” ujar M. Taufik.

Sesi pertama yang dimoderatori oleh Plt. Kepala ANRI, diisi oleh Slamet Soedarsono mengenai Peta Kebijakan dan Program Pemerintah dalam Penanganan Pandemi Covid-19 secara Nasional. Slamet Soedarsono juga menyampaikan pentingnya kearsipan di masa pandemi saat ini. “Secara global, aspek kearsipan sangat penting, karena di masa pandemi ia menjadi wahana untuk merekam dan mendokumentasikan kejadian luar biasa ini sebagai pelajaran generasi mendatang,” paparnya.

Materi selanjutnya disampaikan oleh Ganjar Pranowo yang membahas tentang Kebijakan Perencanaan dan Pelaksanaan Covid-19 di Provinsi Jawa Tengah. Ganjar Pranowo menyampaikan bahwa kunci keberhasilan dalam penanganan Covid-19 adalah pengetahuan, sikap, dan perilaku masyarakat.

Adapun sesi kedua yang dimoderatori oleh Sekretaris Utama ANRI, Imam Gunarto, membahas tentang Arah Kebijakan Bidang Politik, Hukum, Pertahanan dan Keamanan dalam Pendokumentasian Pandemi Covid-19 secara Terpadu yang disampaikan oleh Slamet Soedarsono. Pembahasan selanjutnya disampaikan oleh Purwanto yang membahas tentang Dukungan dan Skema Anggaran Pemerintah dalam Penanganan Pandemi Covid-19. Kemudian pembahasan mengenai Sistem Pengarsipan Covid-19 secara Partisipatif dibahas oleh Erman Suparno.

Peserta dapat mengunduh materi webinar kearsipan melalui tautan https://anri.go.id/publikasi/materi-kegiatan.  (SA)

( SA )