08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

ANRI Hadirkan Arsip Bangsa untuk Refleksikan Perjuangan Founding Fathers

ANRI Hadirkan Arsip Bangsa untuk Refleksikan Perjuangan Founding Fathers

01

Jun 20

ANRI Hadirkan Arsip Bangsa untuk Refleksikan Perjuangan Founding Fathers

Jakarta - 01/06/20,  

Jakarta (1/6) – Pada 1 Juni 2020, bangsa Indonesia genap memperingati 75 tahun Hari Lahir Pancasila. Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) M. Taufik saat membuka Webinar “Membumikan Pancasila Menyongsong New Normal” membumikan nilai-nilai Pancasila secara aktual, dapat dijadikan sarana menjawab berbagai persoalan yang dihadapi saat ini. Usaha ini diharapkan dapat mendorong pengenalan, pemahaman dan pengamalan Pancasila dengan metode dan saluran yang dekat dengan kekinian. Salah satunya melalui penyajian informasi yang bersumber dari arsip yang autentik.

“Seperti saat ini, harus kita ketahui bahwa arsip tentang perumusan Pancasila telah tersimpan dengan lengkap dan aman di ANRI sebagai Lembaga Kearsipan Nasional. Seluruh informasi yang berasal dari arsip itu adalah hasil pendokumentasian sejarah perjalanan bangsa. Arsip menyimpan informasi tentang kekayaan intelektual bangsa dan juga kekayaan keanekaragaman bangsa Indonesia yang menjadi jati diri dan memori kolektif bangsa. Arsip menjadi refleksi perjuangan para founding fathers dalam membentuk dasar negara Indonesia, yaitu Pancasila,” terang M. Taufik. Oleh karena itu ANRI berupaya menghadirkan kembali arsip perjuangan para founding fathers tersebut ke tengah-tengah masyarakat untuk dapat dipelajari, dipahami dan diinternalisasikan dalam setiap tindakan dan perbuatan. Pada peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2020 ini, ANRI juga menghadirkan pameran virtual arsip Pancasila.

Lebih lanjut M. Taufik juga menyampaikan bahwa pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia, membutuhkan ketahanan bangsa yang kokoh. Ideologi menjadi salah satu hal yang penting dalam menjaga persatuan bagi kelangsungan sebuah bangsa. Termasuk pada kondisi kenormalan baru (new normal) yang nanti direncanakan, memerlukan sebuah kekompakan berskala besar dalam menghadapi pandemi. Pancasila pastinya dapat menjadi penawar dalam kondisi saat ini, sebagai modal membentuk persatuan menyongsong kenormalan baru, sehingga penguatan nilai-nilai Pancasila sangat diperlukan, khususnya di kalangan generasi milenial.

Sebagai informasi, webinar kali ini diselenggarakan atas kerja sama ANRI dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). M. Taufik juga berharap kolaborasi ini dapat terus berjalan. Apalagi BPIP merupakan mitra stretegis ANRI dalam upaya membudayakan dan membumikan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. (tk)

( Tk )


Penulis : Tk

Bagikan

Views: 1038