08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

ANRI Melaksanakan Training on Records and Archives Management For Palestine: Archival Recovery Plan

ANRI Melaksanakan Training on Records and Archives Management For Palestine: Archival Recovery Plan

08

Oct 19

ANRI Melaksanakan Training on Records and Archives Management For Palestine: Archival Recovery Plan

Sekretaris Utama ANRI, Sumrahyadi membuka acara Program Training on Records and Archives Management For Palestine: Archival Recovery Plan Posts Disaster.

 

Acara pembukaan dihadiri oleh  Counselor of the Palestine Embassy, Dr. Zuhair S.M Alshun (Taher Hamad) dan Kepala Biro Perencanaan dan Humas M. Imam Mulyantono serta Kepala Pusdiklat Kearsipan ANRI Listayningtyas M.

 

Dalam sambutannya Sumrahyadi menyampaikan bahwa bencana akan menyebabkan kerugian besar. Tidak hanya untuk material yang hilang tetapi juga inmaterial. Sedangkan untuk lembaga pemerintah, bencana akan sangat mempengaruhi kelangsungan organisasi, karena arsip  yang merupakan sumber informasi pemerintah, telah menjadi bagian pelayanan kepada masyarakat.

 

Lebih lanjut Sumrahyadi mengatakan bahwa Arsip adalah sumber layanan informasi bagi masyarakat. Oleh karena itu, untuk rencana recovery arsip setelah bencana adalah suatu keharusan. Ini adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas layanan untuk publik dan masyarakat.

 

Sekretaris Utama ANRI menyampaikan tujuan dilaksanakan program Training on Records and Archives Management For Palestine adalah Pertama; pelatihan ini bertujuan untuk berbagi pengetahuan  tentang Manajemen arsip terutama pasca bencana dan rencana pemulihan arsip. Kedua; Pelatihan ini untuk menunjukkan simpati dan dukungan Indonesia bagi kebebasan Palestina, dan terakhir, ada harapan membangun kesadaran bahwa catatan dan arsip adalah tulang punggung administrasi negara, sehingga dibutuhkan kompetensi dan kapasitas sumber daya manusia untuk mengelola arsip.

 

Pelatihan ini adalah salah satu program prioritas nasional ANRI dan sebagai bagian dari South-South cooperation Program Asia dan Afrika. Program ini bertujuan untuk berbagi pengetahuan dan praktik  manajemen arsip. Program ini telah dilakukan sejak 2009 hingga 2019 dan menjadi perhatian Indonesia untuk mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina. 

 

Training Course di laksanakan di Hotel Santika Bogor pada tanggal  8 sampai dengan 12 Oktober 2019 dan diikuti oleh 28 peserta dari Palestina.(lnh)


Bagikan

Views: 568