08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

ANRI Mengadakan Sosialisasi Program dan Layanan BPJS Kesehatan, Taspen, dan Peningkatan Kesejahteraan ASN melalui Program Taspen Life

ANRI Mengadakan Sosialisasi Program dan Layanan BPJS Kesehatan, Taspen, dan Peningkatan Kesejahteraan ASN melalui Program Taspen Life ANRI Mengadakan Sosialisasi Program dan Layanan BPJS Kesehatan, Taspen, dan Peningkatan Kesejahteraan ASN melalui Program Taspen Life ANRI Mengadakan Sosialisasi Program dan Layanan BPJS Kesehatan, Taspen, dan Peningkatan Kesejahteraan ASN melalui Program Taspen Life ANRI Mengadakan Sosialisasi Program dan Layanan BPJS Kesehatan, Taspen, dan Peningkatan Kesejahteraan ASN melalui Program Taspen Life ANRI Mengadakan Sosialisasi Program dan Layanan BPJS Kesehatan, Taspen, dan Peningkatan Kesejahteraan ASN melalui Program Taspen Life

15

May 23

ANRI Mengadakan Sosialisasi Program dan Layanan BPJS Kesehatan, Taspen, dan Peningkatan Kesejahteraan ASN melalui Program Taspen Life

Jakarta, 15 Mei 2023- Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) mengadakan Sosialisasi Program dan Layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen), dan Peningkatan Kesejahteraan ASN melalui Program Taspen Life pada hari Senin, 15 Mei 2023.

Acara diselenggarakan di Ruang Serbaguna Noerhadi Magetsari dan juga disiarkan melalui aplikasi zoom meeting. Sosialisasi tersebut dihadiri oleh seluruh pegawai di lingkungan Arsip Nasional Republik Indonesia. Acara dimulai dengan sambutan dari Sekretaris Utama (Sestama) Arsip Nasional Republik Indonesia, Rini Agustiani.

Dalam sambutannya, Rini menyampaikan bahwa sebagai Aparatur Sipil Negara, kita harus mengetahui hak-hak kita selama menjadi abdi negara, terutama jika mengalami insiden kecelakaan saat menjalankan tugas Negara. "Apa saja yang bisa didapatkan, dan bagaimana mekanisme prosesnya. BPJS dan Taspen hadir sebagai penjamin jika terjadi masalah kesehatan maupun kecelakaan saat bekerja", ungkapnya.

Rini menambahkan bahwa sebagai catatan, hingga saat ini banyak ASN yang tidak menggunakan haknya untuk mendapatkan pertanggungan terlebih dari dari PT Taspen. Hal ini karena banyak ASN yang tidak mengetahui tentang ketentuan tersebut. Padahal setiap bulan kita telah dipotong dari gaji bulanan untuk membayarkan premi nya.

Kemudian pemaparan dilanjutkan oleh Feri Santoso dan Ruhyat Perwakilan dari PT Taspen yang membahas program-program unggulan dari PT. Taspen, yakni Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Program Jaminan Kematian (JKM), dan Program Tabungan Hari Tua (THT). Program JKK merupakan perlindungan atas risiko Kecelakaan Kerja atau penyakit akibat kerja berupa perawatan, santunan dan tunjangan cacat.

Program JKM adalah perlindungan atas risiko kematian bukan akibat kecelakaan kerja, berupa santunan kematian. Program THT merupakan program asuransi yang terdiri dari Asuransi Dwiguna yang dikaitan dengan usia pensiun ditambah dengan Asuransi Kematian.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pemaparan program Taspen Life oleh Dian Fitri Ningsih. Program Taspen Life menawarkan beberapa produk diantaranya Personal Accident (PA) merupakan program Asuransi Jiwa yang diterbitkan oleh Taspen Life, yang memberikan manfaat perlindungan atas resiko meninggal dunia karena kecelakaan yang berlaku kapanpun dan dimanapun, baik sedang dalam dinas maupun diluar dinas. Dikarenakan selama ini Program Taspen hanya mengcover jaminan kecelakaan atau kematian bagi PNS yang sedang menjalankankan dinas, maka dengan adanya Produk Personal Accident dari Taspen Life ini akan mengcover asuransi peserta apabila terjadi kecelakaan kerja Pegawai yang sedang beraktivitas diluar dinas, dengan pembayaran premi yang sangat terjangkau.

Premi per bulan yang dibayarkan peserta Program Personal Accident ini hanya sebesar Rp5.000,- per bulan, dimana dengan uang sebesar ini akan mendapatkan uang pertanggungan sebesar Rp60.000.000,- (Enam Puluh Juta Rupiah).

Adapun program tentang Taspen Smart Save, Taspen Smart Save merupakan program asuransi jiwa yang memberikan manfaat perlindungan jiwa dan kecelakaan serta merupakan produk top up manfaat tabungan hari tua dengan minimum premi hanya Rp.100.000,00 dengan kemudahan akses informasi yang mana seluruh akses informasi dapat diakses melalui aplikasi mytaspenlife.

Berikutnya dijelaskan program layanan kesehatan dari BPJS Kesehatan oleh Ibu Lidia Marpaung tentang pentingnya perlindungan program JKN, Kepesertaan dan Iuran, Mekanisme Pendaftaran, Manfaat Program JKN, dan Kanal Layanan BPJS Kesehatan.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab interaktif dengan para peserta sosialisasi.

( GZ )


Penulis : GZ

Bagikan

Views: 1023