08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

anri menyerahkan aplikasi sikd kepada pemprov sulawesi selatan

anri menyerahkan aplikasi sikd kepada pemprov sulawesi selatan

09

Aug 18

anri menyerahkan aplikasi sikd kepada pemprov sulawesi selatan

Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan ANRI Dr. Andi Kasman, SE, MM. Menyerahkan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) Kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan yang diterima oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan H. Tautoto Tanti Ranggina di ruang serbaguna Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Makasar.

SIKD adalah Aplikasi Pengelolaan Arsip Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, yang diserahkan kepada Lembaga Negara baik Pusat maupun Pemerintah daerah. Penyerahan Aplikasi SIKD ini merupakan satu rangkaian kegiatan yang dilakukan ANRI dalam rangka Program Prioritas Nasional Pemerintah RI dalam mewujudkan e-Goverment dalam seluruh elemen pemerintah termasuk Pemerintah Daerah.

Dalam kesempatan ini Andi Kasman menyatakan bahwa setiap Kementerian/ Lembaga Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah harus dapat mengelola arsip dengan baik serta harus ada keseragaman dalam menata arsip dengan benar. Hal ini merupakan bukti akuntabilitas kinerja instansi pemerintah dan harus memiliki unit kearsipan dengan sarana dan prasarana kearsipan yang memadai serta memiliki pegawai arsiparis yang kompeten.

Tautoto Tanti menuturkan, dengan adanya aplikasi SIKD ini diharapkan sistem kearsipan di lingkup Pemprov Sulsel sendiri lebih modern dan tertib. Sistem informasi kearsipan ini akan ditetapkan dalam Peraturan Gubernur, “Sistem informasi kearsipan daerah memang perlu ditunjang oleh peraturan gubernur, pertama bagaimana menjamin keamanannya kemudian teknisnya, saya berharap bahwa jajaran pimpinan dan jajaran kearsipan bisa segera menindak lanjuti itu karena ini salah satu amanat undang-undang,” kata Tautoto.

Penyerahan SIKD ini juga diiringi dengan acara Bimtek dan pendampingan implementasi SIKD yang berlangsung dari tanggal 7 sd. 9 Agustus 2018. (lh)


Bagikan

Views: 668