08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI
ANRI Perkuat Kerja Sama Kearsipan dengan UGM

13

Feb 13

ANRI Perkuat Kerja Sama Kearsipan dengan UGM

Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan Universitas Gajah Mada (UGM) perkuat kerja sama bidang kearsipan dengan menandatangani Nota Kesepahaman Bersama pada Selasa 12 Februari 2012, di Ruang Multimedia, Lantai 3 Sayap Utara Gedung Pusat UGM, Yogyakarta. Penandatanganan dilakukan oleh Kepala ANRI, M. Asichin, SH., M.Hum serta Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Alumni, Prof Ir. Dwikorita Karnati, M.Sc, Ph D.

Nota Kesepahaman Bersama mencakup pengembangan pendidikan bidang ilmu kearsipan serta penelitian dan pengembangan dalam rangka penyelenggaraan kearsipan. Kepala ANRI dalam sambutannya menyatakan bahwa tuntutan zaman menghendaki adanya perubahan pengelolaan kelembagaan dan pengembangan keilmuan. Khusus SDM bidang kearsipan perlu ditingkatkan sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan dan Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan. “ANRI sangat memperhatikan SDM bidang kearsipan untuk meningkatkan kualitas para pegawai melalui pendidikan lanjutan,” tegasnya.

Sebelumnya ANRI dan UGM telah melakukan kerja sama dengan berdirinya Diploma III Kearsipan. Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dalam kesempatan ini pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada ANRI yang telah memberikan perhatian dan kepercayaan kepada UGM untuk pengembangan pendidikan bidang kearsipan. “Nampak ada peluang dikembangkanya program studi kearsipan ke jenjang yang lebih tinggi,’ tambahnya. Kepala ANRI berharap sampai jenjang S2 bahkan S3 dalam Program Studi Ilmu Kearsipan.

Kepala ANRI didampingi oleh Sekretaris Utama ANRI, Gina Masudah Husni, Deputi Bidang Konservasi Arsip, Mustari Irawan serta Prof. Dr. Noerhadi Magetsari, Prof. Theo Thomassen, Dosen Universitiet van Amsterdam. Nampak hadir pula dalam acara ini Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya UGM, Prof. Dr. Bambang Purwanto, Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip DIY, Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Jawa Tengah, Kepala Kantor Arsip UGM dan beberapa pimpinan terkait di lingkungan UGM. (spy)


Bagikan

Views: 1848