08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

ANRI Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2014

12

Dec 14

ANRI Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2014

Jakarta - Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) meraih Peringkat ke-1 (satu) Keterbukaan Informasi Publik Kategori Lembaga Tahun 2014 dalam Anugerah Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Badan Publik 2014 yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla (JK) kepada Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan Dini Saraswati mewakili Kepala ANRI, Jumat, 12 Desember 2014 di Istana Wakil Presiden, Jakarta.

Pemeringkatan keterbukaan informasi pada badan publik dimaksudkan untuk mengetahui tingkat kepatuhan badan publik dalam melaksanakan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP). dengan motode penilaian yang dilakukan dalam dua tahapan,pertama yaitu Self Assessment Questioner dan Verivikasi Website. Selanjutnya adalah Visitasi ke seluruh badan publik yang memiliki bobot yang cukup untuk masuk dalam peringkat sepuluh terbaik berdasarkan penilaian tahap pertama. Maka terpilihlah ANRI sebagai Peringkat ke-1 (satu) Keterbukaan Informasi Publik Kategori Lembaga Tahun 2014 dengan nilai akhir 94.4

Dalam sambutannya, JK mengatakan salah satu keberhasilan demokrasi adalah transparansi. Karena dengan transparansi, maka masyarakat dapat mengetahui setiap kejadian dan peristiwa yang dilakukan oleh lembaga pemerintahan dan parpol.  â€œKalau transparan, maka dia cenderung bersih” Tambah JK. (Rick)


Bagikan

Views: 1976