08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI
ANRI Sampaikan Keterangan Pemulihan SRIKANDI ANRI Sampaikan Keterangan Pemulihan SRIKANDI

16

Jul 24

ANRI Sampaikan Keterangan Pemulihan SRIKANDI

Jakarta - 16/7/2024, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Imam Gunarto, memberikan keterangan secara langsung dalam kegiatan Penyampaian Keterangan Pemulihan SRIKANDI secara daring melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting dan kanal Youtube Arsip Nasional RI.

Dalam kesempatan tersebut, Imam Gunarto menyampaikan permohonan maaf atas musibah yang terjadi pada SRIKANDI akibat dari ransomware pada Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2, sehingga mengganggu tugas pemerintahan. “Saya menyampaikan terima kasih kepada tim teknis pemulihan SRIKANDI dari ANRI, dari BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara), dari Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika), dan dari Kementerian PANRB (Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) yang telah berusaha sangat keras untuk pemulihan layanan SRIKANDI sejak hari-H insiden pada tanggal 20 Juni 2024 sampai saat ini tanggal 16 Juli 2024,” terangnya.

Imam Gunarto menambahkan bahwa aplikasi SRIKANDI memegang peranan penting dalam menerapkan transformasi digital kearsipan pada administrasi pemerintahan. Penggunaan aplikasi SRIKANDI bukan sebagai pilihan tetapi sebuah keharusan untuk mewujudkan tujuan penyelenggaraan kearsipan melalui penerapan transformasi digital di bidang kearsipan. “Dengan adanya insiden serangan ransomware ini, menjadi pelajaran yang sangat berharga khususnya dalam kaitan membangun tata kelola kearsipan, preservasi digital, pentingnya memastikan tersedianya backup data dan perlunya review secara komprehensif dan berkala atas sistem kearsipan,’’ terangnya.

Adapun aplikasi SRIKANDI sendiri akan live dan dapat diakses kembali pada 16 Juli 2024, pukul 10.00 WIB. Data arsip berhasil dipulihkan mulai 20 Juni 2024 pukul 03.25 WIB saat serangan terjadi. Seluruh fitur SRIKANDI akan dilakukan pemulihan secara bertahap dan teknis pemulihan tersebut akan disampaikan melalui pengumuman lebih lanjut.

( TR )

 

 

 


Foto : Humas ANRI
Penulis : TR
Editor : sa

Bagikan

Views: 282