08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

ANRI Selenggarakan Bimtek Pengelolaan Arsip Terjaga dan Arsip Aset Nasional

05

Mar 20

ANRI Selenggarakan Bimtek Pengelolaan Arsip Terjaga dan Arsip Aset Nasional

Hotel Grand Kemang, Jakarta. - 04/03/20, Jakarta. (4/3)- Plt. Kepala ANRI M.Taufik didampingi Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan Andi Kasman membuka secara resmi sekaligus memberikan arahan pada acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Arsip Terjaga dan Arsip Aset Nasional.

 

Dalam arahannya Plt Kepala ANRI menegaskan bahwa Negara secara khusus memberikan perlindungan dan penyelamatan arsip yang berkaitan dengan Kependudukan, Kewilayahan, Kepulauan, Perbatasan, Perjanjian Internasional, Kontak Karya dan Masalah-masalah Pemerintahan yang strategis.

 

Perlindungan dan Penyelamatan Arsip tersebut sangat penting, karena arsip tersebut digunakan sebagai bahan pertangungjawaban setiap aspek kehidupan berbangsa dan bernegara untuk kepentingan Negara, Pemerintahan, Pelayanan publik dan Kesejahteraan rakyat.

 

Dan demi menjamin keberadaan dan kelangsungan kegiatan suatu organisasi perlu dilakukan Pengelolaan arsipnya secara terprogram terhadap arsip yang sangat penting sebagai bukti akuntabilitas, alat bukti hukum dan memori organisasi yang merupakan aset bagi suatu organisasi.

 

Untuk itulah ANRI melalui Direktorat Kearsipan Pusat Kedeputian Bidang Pembinaan Kearsipan menyelenggarakan Bimtek Pengelolaan Arsip Terjaga dan Arsip Aset Nasional.

 

Menurut Ketua Panitia Bimtek,  Kasubdit Kearsipan Pusat III, Sulistyowati dalam Laporannya mengatakan maksud dilaksanakan Kegiatan Bimtek ini adalah untuk memberikan Pemahaman mengenai Pengelolaan Arsip Terjaga dan Arsip Asset Nasional, sedangkan tujuannya adalah untuk melakukan Pengelolaan Arsip Terjaga dan Arsip Asset Nasional yang ada di instansinya sesuai dengan Perarutan Perundangan dan Kaidah Kearsipan.

 

Bimtek Hari Pertama diisi dengan Pemaparan materi dan diskusi tentang Kebijakan Kearsipan Nasional oleh Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan ANRI Andi Kasman, kemudian dilanjutkan oleh  Direktur Kearsipan Pusat ANR, Azmi dengan membahas Kebijakan Pengelolaan Arsip Terjaga.

 

Bimtek Hari Kedua, Direktur Barang Milik Negara Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan membahas tentang Kebijakan Pengelolaan Barang Milik Negara dan Bukti Kepemilikannya. Dilanjutkan dengan diskusi kelompok.

 

Kegiatan Bimtek dilaksanakan pada tanggal 4 s.d. 6 Maret 2020 yang diselenggarakan di Hotel Grand Kemang, Jakarta dengan peserta sebanyak 120 orang  dari 50 Instansi yang berasal dari Kementerian/Lembaga, BUMN dan Perguruan Tinggi Negeri.

 

( lnh )


Penulis : lnh

Bagikan

Views: 859