08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

ANRI Selenggarakan Rapat Koordinasi Temu Jaringan SIKN dan JIKN Tahun 2022

ANRI Selenggarakan Rapat Koordinasi Temu Jaringan SIKN dan JIKN Tahun 2022 ANRI Selenggarakan Rapat Koordinasi Temu Jaringan SIKN dan JIKN Tahun 2022 ANRI Selenggarakan Rapat Koordinasi Temu Jaringan SIKN dan JIKN Tahun 2022 ANRI Selenggarakan Rapat Koordinasi Temu Jaringan SIKN dan JIKN Tahun 2022 ANRI Selenggarakan Rapat Koordinasi Temu Jaringan SIKN dan JIKN Tahun 2022 ANRI Selenggarakan Rapat Koordinasi Temu Jaringan SIKN dan JIKN Tahun 2022

30

Jun 22

ANRI Selenggarakan Rapat Koordinasi Temu Jaringan SIKN dan JIKN Tahun 2022

Jakarta - 29/06/2022, Dalam rangka melaksanakan tugas sebagai Pusat Jaringan Nasional, yaitu Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN), Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melakukan koordinasi nasional dengan menyelenggarakan Rapat Koordinasi Temu Jaringan SIKN dan JIKN Tahun 2022 dengan tema "Penguatan Lembaga Kearsipan dalam SPBE melalui Implementasi SIKN dan JIKN" pada 29 Juni s.d. 1 Juli 2022.

 

Rapat Koordinasi Temu Jaringan SIKN dan JIKN yang diselenggarakan di Novotel Jakarta Mangga Dua Square ini dihadiri oleh sekitar 301 peserta yang merupakan anggota Simpul Jaringan dari seluruh Indonesia dan berasal dari berbagai Lembaga Kearsipan Provinsi, Kabupaten/Kota, Kementerian/Lembaga Pusat, Perguruan Tinggi Negeri, dan BUMN.

 

“Salah satu tujuan dari dilaksanakannya Rapat Koordinasi Temu Jaringan, yaitu sebagai forum untuk membahas berbagai isu, kendala, dan pertukaran informasi/pengetahuan antar simpul jaringan dalam penyelenggaraan SIKN dan JIKN”, demikian yang disampaikan Kepala Pusat Kepala Pusat Sistem dan JIKN, Listianingtyas Murgiwati, dalam mengawali laporan kegiatannya.

 

Acara yang diselenggarakan secara luring ini selanjutnya dibuka oleh Kepala ANRI, Imam Gunarto, yang dalam sambutan dan pembukaan rakor menyampaikan penghargaan atas komitmen para peserta yang dapat hadir. “ANRI berusaha semaksimal mungkin mengajak Bapak dan Ibu untuk menjadi anggota simpul jaringan dan meningkatkan konten dari jaringan tersebut,” papar Kepala ANRI.

 

“SIKN dan JIKN diharapkan menjamin pemberian informasi kepada yang berhak dan menjamin ketersediaan arsip sebagai Memori Kolektif Bangsa. Apabila seluruh entitas yang berpotensi menjadi simpul jaringan, maka terkumpul Memori Kolektif Bangsa secara lengkap,” tambah Kepala ANRI. 

 

Dalam rangkaian acara rakor pada hari pertama ini, dilakukan penayangan Video Arsip Kepresidenan Bung Karno, serta dilakukan pula Peluncuran (Launching) Transformasi Digital Kearsipan, Aplikasi SPBE ANRI, yang diresmikan oleh Kepala ANRI, Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (PANRB), dan Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan (IPSK) ANRI.

 

Selanjutnya, Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana, Kementerian PANRB, Nanik Murwati, menyampaikan dalam sambutan kuncinya (keynote speech) bahwa sistem kearsipan nasional berfungsi menjamin ketersediaan arsip yang autentik, utuh, dan terpercaya serta mampu mengidentifikasikan keberadaan arsip yang memiliki keterkaitan informasi sebagai satu keutuhan informasi.

 

Sebagai penghujung rangkaian acara pada hari pertama (29/6), Deputi Bidang IPSK ANRI, Andi Kasman, menyampaikan materi Kebijakan Nasional Implementasi SIKN dan JIKN Pencapaian Target RPJMN 2020-2024. 

 

Penyelenggaraan Rapat Koordinasi Temu Jaringan merupakan forum koordinasi pelaksanaan tugas dan tanggung jawab Pusat Jaringan Nasional serta Simpul Jaringan dalam rangka penyelenggaraan SIKN dan JIKN. Rapat Koordinasi Temu Jaringan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas informasi kearsipan yang disajikan ke dalam SIKN dan JIKN, sehingga Simpul Jaringan dalam pengelolaan SIKN dan JIKN akan semakin baik. (RRA)


Penulis : RRA
Editor : Sitty Annisaa

Bagikan

Views: 1255