08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

ANRI Selenggarakan Upacara Peringatan Hari Ibu ke-94

ANRI Selenggarakan Upacara Peringatan Hari Ibu ke-94 ANRI Selenggarakan Upacara Peringatan Hari Ibu ke-94 ANRI Selenggarakan Upacara Peringatan Hari Ibu ke-94

22

Dec 22

ANRI Selenggarakan Upacara Peringatan Hari Ibu ke-94

Jakarta (22/12/2022) – Dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-94 tahun 2022 yang mengangkat tema Perempuan Berdaya, Indonesia Maju, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyelenggarakan upacara secara daring yang diikuti seluruh pegawai ANRI. 

Sekretaris Utama ANRI selaku Inspektur Upacara, Rini Agustiani dalam membacakan sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga, menyampaikan bahwa bangsa ini dibangun dari pondasi perjuangan para perempuan yang tak pernah lekang semangatnya untuk mencapai kehidupan yang lebih baik bagi generasi penerus. 

“Melalui peringatan Hari Ibu ini salah satunya untuk mengingatkan akan pentingnya peran perempuan dalam mencapai tujuan-tujuan bangsa. Melalui peringatan Hari Ibu pula diharapkan dapat mewariskan nilai-nilai luhur dan semangat yang terkandung dalam sejarah kaum perempuan kepada seluruh masyarakat Indonesia, terutama generasi penerus bangsa agar mempertebal tekad dan semangat untuk bersama melanjutkan dan mengisi pembangunan dengan dilandasi semangat persatuan dan kesatuan,” jelas Rini Agustiani. 

Tema peringatan Hari Ibu ke-94 tetap konsisten dengan tema tahun sebelumnya, “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju” bersamaan dengan fokus 4 (empat) subtema, yakni: (1) Kewirausahaan Perempuan: Mempercepat Kesetaraan, Mempercepat Pemulihan; (2) Perempuan dan Digital Economy; (3) Perempuan dan Kepemimpinan; dan (4) Perempuan Terlindungi, Perempuan Berdaya.

Sebagai informasi, ditetapkannya tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu dilaksanakan didasarkan pada momen tahun 1938, dengan dilaksanakannya Kongres Perempuan Indonesia III di Bandung. Selanjutnya, dikukuhkan oleh Pemerintah melalui Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-hari Nasional yang Bukan Hari Libur tertanggal 16 Desember 1959, yang menetapkan bahwa Hari Ibu tanggal 22 Desember merupakan hari nasional dan bukan hari libur. (sa)

 

( sa )


Penulis : sa
Editor : tk

Bagikan

Views: 622