08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

ANRI Selenggarakan Workshop E-Arsip Terintegrasi (SRIKANDI) di Lingkungan Pemerintah Daerah

ANRI Selenggarakan Workshop E-Arsip Terintegrasi (SRIKANDI) di Lingkungan Pemerintah Daerah ANRI Selenggarakan Workshop E-Arsip Terintegrasi (SRIKANDI) di Lingkungan Pemerintah Daerah ANRI Selenggarakan Workshop E-Arsip Terintegrasi (SRIKANDI) di Lingkungan Pemerintah Daerah ANRI Selenggarakan Workshop E-Arsip Terintegrasi (SRIKANDI) di Lingkungan Pemerintah Daerah ANRI Selenggarakan Workshop E-Arsip Terintegrasi (SRIKANDI) di Lingkungan Pemerintah Daerah ANRI Selenggarakan Workshop E-Arsip Terintegrasi (SRIKANDI) di Lingkungan Pemerintah Daerah ANRI Selenggarakan Workshop E-Arsip Terintegrasi (SRIKANDI) di Lingkungan Pemerintah Daerah ANRI Selenggarakan Workshop E-Arsip Terintegrasi (SRIKANDI) di Lingkungan Pemerintah Daerah ANRI Selenggarakan Workshop E-Arsip Terintegrasi (SRIKANDI) di Lingkungan Pemerintah Daerah ANRI Selenggarakan Workshop E-Arsip Terintegrasi (SRIKANDI) di Lingkungan Pemerintah Daerah

07

Nov 20

ANRI Selenggarakan Workshop E-Arsip Terintegrasi (SRIKANDI) di Lingkungan Pemerintah Daerah

ANRI, Jakarta - 06/11/2020. Dengan dikeluarkannya Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) semakin mendorong peningkatan keterpaduan dan efisiensi sistem pemerintahan berbasis elektronik secara nasional.

ANRI telah melakukan kerja bersama dengan Kementerian PANRB, Kementerian Komunikasi dan Informatika, BSSN untuk mengembangkan aplikasi umum bidang kearsipan dinamis sebagaimana yang diamanatkan dalam Perpres. Hal ini dimaksudkan agar terwujudnya integrasi layanan kearsipan.

Berkaitan dengan hal tersebut ANRI melaksanakan Workshop E-Arsip Terintegrasi pada Lingkungan Pembinaan Kearsipan Daerah I tanggal 5-6 November 2020 di ruang Serbaguna Soemartini, ANRI, Jakarta. Pada tanggal 27 Oktober 2020 aplikasi umum SPBE bidang kearsipan dinamis ini telah dilaunching dengan nama SRIKANDI (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi).

Direktur Kearsipan Daerah I M. Sumitro dalam Laporannya mengatakan Workshop diikuti oleh 42 Peserta dari 14 Lembaga Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota binaan Direktorat Kerasipan Daerah I.

Plt. Kepala ANRI, M. Taufik dalam arahannya ketika membuka acara, menyampaikan bahwa diadakannya Workshop dengan tujuan untuk memberikan bekal pengetahuan baik teori maupun praktik dalam mengimplementasikan aplikasi SPBE Bidang Kearsipan Dinamis yang kita namakan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI).

Dengan implementasi ini diharapkan semua elemen daerah menggunakan aplikasi Srikandi agar pengelolaan arsip elektronik yang tercipta secara masif pada sebelum dan yang akan datang dapat dikelola dengan baik dan tertib. Semoga dengan terlaksananya acara ini dapat menjadi lompatan besar bagi pemerintah pusat dan daerah dalam rangka mewujudkan e-Government dan penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Dengan adanya Pandemi Covid-19 yang mengharuskan Physical Distancing dan mengurangi berkumpulnya orang dalam jumlah banyak acara workshop dilaksanakan selama dua hari.

Hari pertama workshop menghadirkan narasumber  Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan ANRI Andi Kasman M. dengan materi Kebijakan Implementasi E-Arsip (SRIKANDI). dilanjutkan dengan narasumber perwakilan Koordinator Pusat Data dan Informasi membahas Pengelolaan Arsip Elektronik melalui Penggunaan Aplikasi Srikandi.

Hari kedua menghadirkan narasumber Direktur Kearsipan Daerah I M. Sumitro dan Kepala Pusat Data dan Informasi Imam Mulyantono membahas Konsep dan Program Kegiatan E-Arsip Terintegrasi dilanjutkan dengan Praktek Pengelolaan E-Arsip terintegrasi melalui Penggunaan Aplikasi Srikandi oleh Arsiparis Sutiana dan Tim Pranata Komputer ANRI.

( lnh )


Penulis : lnh

Bagikan

Views: 4569