08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI
ANRI Sepakati PKS dengan PP Muhammadiyah

12

Feb 13

ANRI Sepakati PKS dengan PP Muhammadiyah

Menindaklanjuti Kesepahaman Bersama yang telah ditandatangani Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan PP Muhammadiyah pada 16 November 2012 silam, Sekretaris Utama ANRI, Gina Masudah Husni dan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, H. Agung Danarto pada 12 Februari 2013 menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang Penyelenggaraan Kearsipan. Penandatanganan PKS tersebut dilaksanakan di gedung PP Muhammadiyah, Lantai 3, jalan Cik Ditiro, nomor 23, Yogyakarta.

PKS yang disepakati ANRI dan PP Muhammadiyah ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan kelembagaan dalam upaya penyelenggaraan kearsipan nasional. Adapun ruang lingkup PKS ini meliputi, pembinaan sistem pengelolaan arsip, mencakup pengembangan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis, pedoman pengelolaan arsip, pembentukan Arsip Perguruan Tinggi Muhammadiyah;  akuisisi arsip, mencakup penyelamatan arsip statis dan pelaksanaan wawancara sejarah lisan tokoh PP Muhammadiyah; preservasi arsip, mencakup kegiatan digitalisasi dan restorasi arsip; akses arsip; dan hal lain yang disepakati bersama.

Dalam sambutannya, Kepala ANRI M. Asichin mengungkapkan bahwa PP Muhammadiyah telah mempunyai kepedulian besar terhadap penyelamatan arsip yang bernilai sejarah sebagai bukti pertanggungjawaban nasional untuk generasi masa kini dan masa mendatang. “Saya berharap kerja sama ini dapat memberikan manfaat yang berarti bagi peningkatan penyelenggaraan kearsipan khususnya, di lingkungan PP Muhammadiyah, ” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua PP Muhammadiyah Bidang Perkaderan dan Pembinaan Ortom periode 2010 – 2015, Dahlan Rais dalam sambutannya menyampaikan bahwa PKS antara ANRI dengan PP muhammadiyah harus dipotimalkan pelaksanaannya. “Kita harus mengetahui bagaimana mengelola arsip yang baik, menyimpannya dan juga harus aling mengingatkan agar tidak melupakan PKS ini, sehinggga ke depannya bisa kita tindak lanjuti bersama,” terangnya. Beliau pun menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak ANRI yang siap membantu PP Muhammadiyah khususnya dalam bidang pengelolaan arsip.

Selain itu, dalam waktu yang sama diadakan pameran arsip di lobby kantor PP Muhammadiyah dan bedah buku berjudul Muhammadiyah Di Hadapan Saksi Sejarah terbitan Majelis Pustaka Informasi PP Muhammadiyah, Cetakan Pertama Februari 2012.


Bagikan

Views: 1798