08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

ANRI SERAHKAN APLIKASI SIKD KE PROVINSI GORONTALO

ANRI SERAHKAN APLIKASI SIKD KE PROVINSI GORONTALO

19

Oct 18

ANRI SERAHKAN APLIKASI SIKD KE PROVINSI GORONTALO

Salam ARSIP!
 
Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan ANRI, Andi Kasman menyerahkan aplikasi e-Arsip dengan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) kepada Pemerintah Provinsi Gorontalo, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Prov. Gorontalo, Darda Daraba,  bertempat di Ballroom Hotel Maqna. Penyerahan aplikasi SIKD tersebut didampingi oleh Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Prov. Gorontalo Yosef Koton, Kasubdit Pusat III Sulistyowati, Arsiparis Madya Rudi Andri Syahputra, dan Arsiparis Mahir Achmad Sabiqun Nahar
 
Andi Kasman menjelaskan, bahwa arsip adalah asset dalam bentuk dokumen yang sangat penting. Aplikasi SIKD adalah suatu aplikasi yang dirancang untuk menangani pengelolaan arsip dinamis di lingkungan Instansi/Lembaga. Penggunaan aplikasi ini diharapkan akan mempermudah mengelola kembali arsip yang dimiliki.
 
"Dalam pemerintahan, arsip sangat dibutuhkan terutama dalam menghadapi persoalan-persoalan hukum, sebagai bahan laporan dan sebagai sumber informasi. untuk itu, aplikasi e-arsip ini harus digunakan sebaik mungkin dalam pengelolaannya sesuai ketentuan perundang-undangan berlaku karena ini sudah menggunakan sistem,” kata Darda.
 
Selain itu Darda mengatakan dalam rangka menuju tertib arsip, OPD harus meninjau kembali dokumen-dokumen yang tersimpan. Sejak Provinsi Gorontalo terbentuk hingga sekarang apakah sudah tertata dengan baik atau tidak.
 
“Jika belum, maka ini saatnya untuk melakukan pembenahan-pembenahan di lemari-lemari maupun di tempat penyimpanan dokumen arsip. saya berharap Dinas Kearsipan dan Perpustakaan selaku lembaga kearsipan daerah untuk merencanakan kegiatan pendampingan pengelolaan dan penataan arsip secara berkala agar proses penyimpanan arsip dapat terkontrol setiap saat, dan ini wajib didukung oleh kepala-kepala OPD,” tandasnya.

Bagikan

Views: 676