08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI
ANRI serahkan Citra daerah Kabupaten jepara

11

Oct 17

ANRI serahkan Citra daerah Kabupaten jepara

Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Mustari Irawan menyerahkan  Citra Daerah Kabupaten Jepara kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara. Acara Serah-terima dilakukan di Halaman Gedung Wanita Jepara.

Dalam sambutan  acara pembukaan Pameran Buku, Arsip, dan Penyerahan Citra Daerah, Kepala ANRI memaparkan bahwa Penyerahan  Citra Daerah ini merupakan program ANRI dalam rangka menambah wawasan dan ilmu pengetahuan mengenai khasanah arsip statis Kabupaten Jepara yang telah tersimpan di ANRI. Citra Daerah adalah rumusan dari kearifan lokal yang di miliki kabupaten tersebut. Program Citra Daerah bertujuan meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap nilai-nilai budaya yang berkembang di lingkungannya,  memupuk kebanggaan dan rasa cinta terhadap Tanah Air, menghargai keberagaman, membangun solidaritas, memupuk rasa persatuan dan memperkokoh kesatuan bangsa,

Lebih lanjut dikatakannya, “Citra Daerah merupakan satu kesatuan informasi yang menggambarkan dinamika kolektif sebuah daerah. Sebuah dinamika kolektif yang terbentuk di atas kesadaran sejarah yang dialami bersama. Kesadaran sejarah ini diharapkan dapat menjadi landasan moral yang kokoh untuk pijakan melompat ke masa depan yang lebih baik. Kesadaran sejarah ini merupakan modal dasar yang kokoh dalam memperkuat pengembangan Otonomi Daerah. Daerah yang kuat dan berkarakter menjadi prasyarat tegaknya NKRI”, ujar Kepala ANRI.

Kabupaten Jepara merupakan Kabupaten/Kota ke-34 yang diberikan Citra Daerah. Sebelumnya telah diberikan terhadap 33 Kabupaten/Kota, dan masih ada sekitar 500-an kabupaten/kota yang masih mengantri untuk mendapatkan Citra Daerah. Berdasarkan literatur, Jepara mempunyai 3 kelebihan yang jarang diperoleh daerah lainnya. Pertama, pada waktu Ratu Kalinyamat berkuasa Jepara terkenal sebagai kota pelabuhan yang ramai; Kedua, sebagai kota ukir. Ukiran dari Jepara sangat terkenal sampai ke manca negara, dan ketiga, sebagai kota pendidikan. Kartini yang lahir di Jepara yang kemudian dengan kemampuannya mengembangkan pendidikan untuk kemajuan anak bangsa, terang Kepala ANRI.

Sementara itu Bupati Ahmad Marzuqi dalam sambutan yang dibacakan Sekretaeris Daerah (Sekda) Sholih, mengatakan, arsip Citra Daerah sangat berharga, serta merupakan warisan nasional yang perlu dipelihara dan dilestarikan dari generasi ke generasi. Sehingga tingkat keberadaban suatu bangsa dapat dilihat dari pemeliharaan dan pelestarian arsipnya. “Oleh karena itu, dengan mencermati lembar demi lembar yang tersaji dalam Buku Citra Jepara ini, maka akan diperoleh gambaran tentang dinamika kota Jepara dalam bingkai kehidupan berbangsa dan bernegara,” paparnya.

Usai Penyerahan Citra Daerah Kabupaten Jepara Kepala ANRI Mustari Irawan, Deputi Bidang Konservasi Arsip ANRI M. Taufiq,  Direktur Layanan dan Pemanfaatan Arsip Agus Santoso, dan Tim ANRI beserta Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Jawa Tengah, Asisten Administrasi Setda  Muhammad Fadkhurrozi dan Ketua TP-PKK Kabupaten Jepara, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah beserta jajaran,  membuka  dan meninjau Pameran Buku dan Arsip Kabupaten Jepara Tahun 2017. (lnh/humas)


Bagikan

Views: 670