08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

ANRI Terima Arsip Statis Penanganan Covid-19 Perpustakaan Nasional RI

ANRI Terima Arsip Statis Penanganan Covid-19 Perpustakaan Nasional RI ANRI Terima Arsip Statis Penanganan Covid-19 Perpustakaan Nasional RI ANRI Terima Arsip Statis Penanganan Covid-19 Perpustakaan Nasional RI ANRI Terima Arsip Statis Penanganan Covid-19 Perpustakaan Nasional RI ANRI Terima Arsip Statis Penanganan Covid-19 Perpustakaan Nasional RI ANRI Terima Arsip Statis Penanganan Covid-19 Perpustakaan Nasional RI

10

Jan 23

ANRI Terima Arsip Statis Penanganan Covid-19 Perpustakaan Nasional RI

Jakarta  - 10/01/23 - Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (RI) melaksanakan serah terima arsip statis penanganan Covid-19 Perpustakaan Nasional RI sebanyak 15 nomor arsip di Ruang Serbaguna Lantai 4 Perpustakaan Nasional RI, Jakarta Pusat, Selasa (10/1).  Kepala ANRI, Imam Gunarto dan Deputi Konservasi Arsip, Kandar turut hadir pada acara ini. 

Perpustakaan Nasional RI menyerahkan arsip statis kepada ANRI yang terdiri atas arsip penanganan Covid-19 berupa Produk Hukum Peraturan Perundang-Undangan, seperti Keputusan Kepala, Surat Edaran Kepala, Surat Edaran Sekretaris Utama, dan sejenisnya mengenai Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Lingkungan Perpustakaan Nasional RI, Layanan Perpustakaan Nasional RI dalam Tatanan Normal Baru, Sterilisasi Fasilitas Gedung Layanan Perpustakaan Nasional RI, dan sejenisnya. Kurun waktu tahun 2020 dan 2022 sebanyak 15 nomor arsip yang terdiri dari 36 lembar arsip kertas dan 6 file arsip digital. 

Dalam sambutannya, Kepala ANRI, Imam Gunarto menyampaikan, selain sebagai bahan bukti akuntabilitas dalam penangananan Covid-19, urgensi penyerahan arsip penanganan Covid-19 ini  juga merupakan arsip bersejarah untuk pembelajaran di kemudian hari dalam menghadapi dan menangani pandemi. Pembelajaran tersebut nantinya disajikan kepada masyarakat dengan akses yang mudah. 

"Pembelajaran itu harus disajikan kepada masyarakat dengan akses yang mudah. Arsip tidak hanya disimpan saja, tapi perlu disajikan kepada masyarakat. Dengan pelayanan yang baik, masyarakat dapat melihat arsip-arsip tersebut dengan mudah dan cepat," ucap Kepala ANRI, Imam Gunarto. 

Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Syarif Bando dalam sambutannya menyampaikan kegiatan hari ini merupakan kegiatan yang dimandatori oleh Undang-Undang dan wajib untuk mengimplementasikan mandat tersebut. Ia melanjutkan, tahun 2023 Perpustakaan Nasional RI akan menyediakan atau menempatkan Arsiparis di tiap Eselon I dan Eselon II Perustakaan Nasional RI dalam rangka  komitmen penyelenggaraan kearsipan. 

"Nilai komitmen menyiapkan dokumen berharga untuk sejarah perjalanan bangsa itu berbeda. Itu penting untuk menjadi catatan kita. Kami ingin menyampaikan terima kasih kepada Kepala ANRI atas komitmen dan pembinaan kepada kami," ucap Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Syarif Bando. 

Penyerahan kali ini merupakan penyerahan arsip statis ketujuh kalinya bagi Perpustakaan Nasional RI, termasuk di dalamnya penyerahan arsip statis penanganan Covid-19 pada bulan November 2020 dan penyerahan salinan autentik arsip terjaga pada bulan Juni 2022. 

( sa )


Penulis : sa

Bagikan

Views: 2431