08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

ANRI TETAPKAN KEMENTERIAN PERTANIAN SEBAGAI PILOT PROJECT E-ARSIP

ANRI TETAPKAN KEMENTERIAN PERTANIAN SEBAGAI PILOT PROJECT E-ARSIP

25

Oct 18

ANRI TETAPKAN KEMENTERIAN PERTANIAN SEBAGAI PILOT PROJECT E-ARSIP

Kementerian Pertanian meluncurkan Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE) yang merupakan pengembangan dari Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) dalam rangka penerapan E-Government di bidang kearsipan di Kementerian Pertanian. Acara peluncuran dilaksanakan pada Sosialisasi Kearsipan dengan tema "Kementerian Pertanian Memasuki Era Industri 4.0 dalam Pengelolaan Kearsipan dan Tata Persuratan" di Kantor Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian, Syukur Iwantoro mengungkapkan bahwa tujuan peluncuran Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE) yakni sebagai tonggak penyelenggaraan kearsipan secara modern di Kementerian Pertanian.

"Tujuan peluncuran ini, merupakan tonggak dari dimulainya modernisasi kearsipan di Kementerian Pertanian menuju kepada industri 4.0. Sehingga mulai hari ini, kita meminimalkan arsip-arsip yang tanpa elektronik. Semuanya nanti elektronik", tutur Syukur Iwantoro.

Sementara itu, Kepala ANRI yang dalam hal ini diwakili oleh Deputi bidang Pembinaan Kearsipan, Andi Kasman sangat mengapresiasi peluncuran TNDE. Andi Kasman juga menyampaikan bahwa Kementerian Pertanian pada tahun 2018 telah ditetapkan sebagai salah satu pilot project dalam rangka penyelenggaraan e-arsip. Ditetapkannya Kementerian Pertanian sebagai pilot project, hal ini melihat pada prestasi dan peningkatan penyelenggaraan kearsipan di Kementerian Pertanian

"Prestasi yang didapat (Kementerian Pertanian) dari rangking 12 menjadi 5, merupakan capaian yang sangat luar biasa. Makanya, dari hasil evaluasi kita, Kementerian Pertanian ini, dengan infrastruktur yang ada, kita ajak kerja sama untuk dijadikan pilot project dalam rangka e-arsip dengan SIKD", ungkapnya. (is)


Bagikan

Views: 698