08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

ANRI Wawancara Sejarah Lisan dengan Seniman Multitalenta Putu Wijaya

ANRI Wawancara Sejarah Lisan dengan Seniman Multitalenta Putu Wijaya

29

May 23

ANRI Wawancara Sejarah Lisan dengan Seniman Multitalenta Putu Wijaya

Ciputat -  29/5/2023, Berbicara mengenai dunia teater di Indonesia tentunya tidak lepas dari beberapa nama besar, seperti  W.S. Rendra dengan Bengkel Teater, Arifin C. Noer dengan Teater Kecil, Teguh Karya dengan Teater Populer, Nano Riantiarno dengan Teater Koma, serta Putu Wijaya dengan Teater Mandiri. Saat ini hanya Putu Wijaya yang masih ada dan masih terus berkarya. 

Melalui Teater Mandiri, Putu Wijaya mengembangkan seni teater yang berbeda dari teater yang lain. Hal ini terlihat judul pementasan yang singkat dengan satu kata seperti “Aduh,” “Plong,” “Aum,” dan sejenisnya. Alur cerita sengaja dibuat tidak runtut dan penuh kejutan sehingga menjadi “teror mental” bagi pemirsanya. Teater Mandiri sendiri mengusung konsep “bertolak dari ketiadaan,” artinya menggunakan apa yang ada di sekitarnya untuk dimanfaatkan dalam pertunjukan.

Selain berteater, Putu Wijaya juga menghasilkan berbagai tulisan dalam bentuk puisi, cerpen, esai, novel, serta buku. Putu Wijaya juga dikenal dalam industri hiburan di tanah air sebagai penulis skenario film dan sinetron. Bakat seni lain yang dimilikinya adalah melukis, saat ini sudah lebih dari 100 lukisan yang dihasilkan dan telah dipamerkan di beberapa tempat.

Melihat begitu besar ketokohan Putu Wijaya, Kelompok Akuisisi III Arsip Nasional Republik Indonesia berupaya untuk menggali informasi berkaitan dengan perkembangan dunia seni teater di Indonesia melalui kegiatan wawancara sejarah lisan. Kegiatan wawancara dilaksanakan pada tanggal 29 Mei 2023 di kediaman Putu Wijaya di Ciputat, Tangerang Selatan. Melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat mengisi celah-celah kosong dalam khazanah arsip tentang seni di Indonesia.

( MP )

 


Penulis : MP
Editor : sa

Bagikan

Views: 1006