Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta 12560

Uber Arsip
Logo ANRI

Anugerah Reksa Bandha, ANRI Raih Peringkat III Penghargaan Kategori Sertipikasi BMN

Anugerah Reksa Bandha, ANRI Raih Peringkat III Penghargaan Kategori Sertipikasi BMN Anugerah Reksa Bandha, ANRI Raih Peringkat III Penghargaan Kategori Sertipikasi BMN

23

Nov 22

Anugerah Reksa Bandha, ANRI Raih Peringkat III Penghargaan Kategori Sertipikasi BMN

Jakarta - 23/11/2022, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) memperoleh juara ketiga kategori Sertipikasi Barang Milik Negara (BMN) untuk Kelompok Kementerian/Lembaga dengan Jumlah Satuan Kerja sampai dengan 10 Satuan Kerja. Penghargaan diberikan Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani kepada Kepala ANRI, Imam Gunarto pada Anugerah Reksa Bandha di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Jakarta.

Pada kesempatan ini, Sri Mulyani Indrawati memberikan penghargaan Anugerah Reksa Bandha kepada Kementerian/Lembaga (K/L) dan pemangku kepentingan berprestasi di bidang pengelolaan aset dan lelang. Anugerah Reksa Bandha terdiri dari 5 kategori penghargaan di bidang pengelolaan BMN dan 4 kategori di bidang lelang. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi Kemenkeu atas kualitas kinerja dan koordinasi yang baik antara K/L dan para pemangku kepentingan Kemenkeu terkait pengelolaan aset negara sepanjang tahun 2022.


“Upaya kita untuk memberikan penghargaan melalui Reksa Bandha tadi menggambarkan sebuah effort tidak hanya sekedar plakat, yang mungkin untuk Bapak dan Ibu sekalian, apalagi tadi yang Kementerian dan Lembaga yang kayaknya langganan juara. Ini bukan masalah plakatnya, tapi ini adalah sebuah simbol dari upaya negara, bangsa Indonesia untuk membangun sebuah kultur menjaga aset negara, bagaimana memperlakukan aset negara sebagai pertanggungjawaban publik,” tegas Menkeu Sri Mulyani.

Penghargaan di bidang pengelolaan aset yang diberikan setiap tahun ini diberikan kepada K/L yang memiliki kinerja terbaik dalam pengelolaan BMN, dengan persyaratan memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Tahun 2021. Kategori apresiasi kepada K/L terbagi menjadi tiga kelompok berdasarkan jumlah satuan kerja (satker). Kelompok I adalah K/L yang memiliki 1-10 satker, kelompok II adalah K/L yang mempunyai 10-100 satker, dan kelompok III adalah K/L yang mempunyai lebih dari 100 satker.

Sementara itu, penghargaan di bidang lelang merupakan bentuk apresiasi kepada para insan lelang Indonesia, yang telah berkontribusi dalam penerimaan negara dari sektor lelang. Selain itu, apresiasi ini juga diberikan pada insan lelang Indonesia yang telah memasyarakatkan lelang kepada masyarakat termasuk kepada Usaha Mikro Kecil Menengan dan penghargaan kepada pemangku kepentingan dari sektor perbankan maupun non-perbankan yang telah berperan penting dalam perekonomian negara.

Menkeu berharap kegiatan Anugerah Reksa Bandha Tahun 2022 dapat terus meningkatkan motivasi seluruh pemangku kepentingan Kemenkeu di bidang pengelolaan kekayaan negara dan lelang untuk terus mengoptimalkan penggunaan aset. Pengelolaan aset yang baik mencerminkan kemampuan suatu negara untuk merencanakan dengan baik dan mencerminkan bagaimana K/L mengelola pembangunan dengan kualitas yang bagus karena hal ini mencerminkan kepedulian antargenerasi.

“Bagaimana kita berencana dengan rapi, mengeksekusinya dengan rapi, mendapatkan dan membangunnya dengan rapi, dan kemudian menyampaikan ke rakyat bahwa ini akan terus bermanfaat selanjutnya. Sering bahwa kalau dana dari pajak, dari penerimaan bukan pajak yang kita kelola dan sudah menghasilkan aset itu manfaatnya lebih besar dari biaya membangunnya. Itu rakyat akan puas, yakin, oh ternyata uang rakyat dipakai secara baik,” ungkap Menkeu.

Dengan diberikannya penghargaan tersebut, Menkeu juga berharap K/L dan pemangku kepentingan dapat terus bekerja sama dalam menjaga dan mengelola kekayaan negara untuk meningkatkan perekonomian nasional. Sebagaimana kebijakan yang berlaku, BMN merupakan komponen yang tidak terpisahkan dari pelaksanaan tugas pemerintah, penopang roda pemerintahan, pelayanan publik, serta pemerataan ekonomi nasional. BMN akan dapat dirasakan manfaatnya dan akan terus tumbuh seiring dengan tumbuhnya perekonomian bangsa. 

( is )