08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Arsip Perjanjian Bilateral di Bidang Transportasi Udara dan eks Anggota Ormas Terlarang Koleksi Kem

11

Dec 13

Arsip Perjanjian Bilateral di Bidang Transportasi Udara dan eks Anggota Ormas Terlarang Koleksi Kem

Bertempat di Ruang Mataram, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI), Selasa, 10 Desember 2013 dilaksanakan serah terima arsip Kementerian Perhubungan kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Pada Serah Terima Arsip yang dihadiri Wakil Menteri Perhubungan RI Dr. Bambang Susantono, Deputi Bidang Konservasi Arsip ANRI, Mustari Irawan, MPA dalam sambutannya  menjelaskan bahwa Kementerian Perhubungan telah menyerahkan arsip statisnya sebanyak empat kali yaitu pada tahun 2006, 2008, 1 Juli 2013 serta 10 Desember tahun 2013. Mustari mengharapkan arsip yang diserahkan dapat dimanfaatkan seluas-luasnya oleh pihak yang berhak secara hukum, untuk kepentingan pemerintahan, pembangunan, penelitian dan ilmu pengetahuan sekaligus meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Adapun arsip yang diserahkan yaitu arsip LITSUS tahun 1965-1989 sebanyak 252 berkas, diantaranya tentang daftar nama,  alamat karyawan PNKA eks Anggota Ormas Terlarang Unit Eksplotasi Sumbar Padang, Sumut, dll, daftar nama Pegawai eks SBKA yang telah diberhentikan dengan alamat terakhir dalam wilayah Pulaksus 081 Unit Eksploitasi Timur Surabaya. Dalam kesempatan ini juga diserahkan arsip-arsip Air Transport Agreement (arsip perjanjian bilateral udara) tahun 1964-1997 dengan beberapa negara, diantaranya (Tokyo, Uzbekistan, Jepang, Spanyol, Turki, Vietnam, Kuwait, Oman, Romania,  Qatar dll) serta arsip mengenai persetujuan antara pemerintah Republik Indonesia dengan Pemerintah Republik Persatuan Arab mengenai dinas-dinas penerbangan antara dan diluar wilayahnya masing-masing. Arsip-arsip tentang perjanjian bilateral ini berjumlah 62 berkas yang tersimpan dalam 8 boks arsip.

Di sela-sela sambutannya dalam Rapat Kerja Kementerian Perhubungan RI Tahun 2013 Bambang Susantono mengatakan bahwa Kemenhub RI akan terus bekerjasama kepada pihak ANRI dalam melestariakan arsip statis dan menyerahkannya ke Arsip Nasional RI.(Fir)


Bagikan

Views: 2557