08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

ARSIP STATIS DEPANRI 1955-2015, KINI TERSIMPAN DI ANRI

ARSIP STATIS DEPANRI 1955-2015, KINI TERSIMPAN DI ANRI

28

Sep 16

ARSIP STATIS DEPANRI 1955-2015, KINI TERSIMPAN DI ANRI

Bogor (28/9) Arsip Dewan Penerbangan dan Antariksa Nasional Republik Indonesia (DEPANRI)  periode 1955-2015 kini tersimpan di Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Arsip statis tersebut diserahkan oleh Kepala Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) selaku Sekretaris DEPANRI  Thomas Djamaluddin dan diterima oleh Sekretaris Utama ANRI Sumrahyadi di Hotel Salak, Bogor. Arsip statis DEPANRI yang diserahkan berjumlah sembilan boks arsip.

 

Penyerahan arsip statis DEPANRI ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan penyelamatan arsip lembaga non struktural yang dibubarkan oleh Presiden Jokowi berdasarkan Perpres 176 tahun 2014. Arsip tersebut memperkaya khazanah budaya Indonesia khususnya tentang prestasi anak bangsa di bidang teknologi antariksa dan penerbangan.



Dalam sambutan, Sumrahyadi menyampaikan pentingnya penyerahan arsip statis sebagai bukti sejarah di masa mendatang sebagai memori kolektif bangsa", ujarnya. Thomas Djamaluddin menambahkah, pentingnya tertib arsip dalam rangka menjaga aset LAPAN dan menjaga arsip bernilai historis. "Arsip merupakan aset negara, jadi kita harus mengelola secara baik", ungkapnya. Lebih lanjut Thomas Djamaluddin menambahkan dengan tertib arsip diharapkan dapat menjaga arsip-arsip bernilai historis.



Acara penyerahan arsip statis DEPANRI dilaksanakan di sela-sela acara Sosialisasi Pedoman Tata Naskah Dinas dan Bimbingan Teknis E-Takah. Selain itu, dilaksanakan pula Pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip di LAPAN dan pelantikan pengurus cabang AAI LAPAN.(sa)

 


Bagikan

Views: 2127