08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

B19 Wave to Learn Jadi Puncak Kegiatan Pameran Arsip Kebencanaan/Arsip Tsunami

B19 Wave to Learn Jadi Puncak Kegiatan Pameran Arsip Kebencanaan/Arsip Tsunami B19 Wave to Learn Jadi Puncak Kegiatan Pameran Arsip Kebencanaan/Arsip Tsunami B19 Wave to Learn Jadi Puncak Kegiatan Pameran Arsip Kebencanaan/Arsip Tsunami B19 Wave to Learn Jadi Puncak Kegiatan Pameran Arsip Kebencanaan/Arsip Tsunami B19 Wave to Learn Jadi Puncak Kegiatan Pameran Arsip Kebencanaan/Arsip Tsunami B19 Wave to Learn Jadi Puncak Kegiatan Pameran Arsip Kebencanaan/Arsip Tsunami B19 Wave to Learn Jadi Puncak Kegiatan Pameran Arsip Kebencanaan/Arsip Tsunami B19 Wave to Learn Jadi Puncak Kegiatan Pameran Arsip Kebencanaan/Arsip Tsunami B19 Wave to Learn Jadi Puncak Kegiatan Pameran Arsip Kebencanaan/Arsip Tsunami

13

Dec 23

B19 Wave to Learn Jadi Puncak Kegiatan Pameran Arsip Kebencanaan/Arsip Tsunami

BAST, Aceh - 13/12/23,  Sebagai salah satu agenda rutin peringatan tsunami, Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Imam Gunarto menghadiri Seremonial Peringatan 19 Tahun Gempa dan Tsunami Aceh, B19 Wave to Learn (Belajar Tsunami dari Arsip). Acara diselenggarakan secara luring di Gedung BAST, Aceh. 

Dalam sambutannya Plt. Kepala ANRI menyampaikan bahwa spirit kegigihan manusia berjuang ditampilkan oleh masyarakat Aceh. "Masyarakat Aceh tidak putus asa sekalipun menghadapi bencana. Dan itu tersimpan semuanya di dalam arsip. Semangat yang demikian teruslah kita korbankan untuk masa depan yang lebih baik," ungkap Imam.

"Inilah hakikat, inilah refleksi, inilah momentum yg ingin kita peringati pada pagi ini," tambahnya. 

Sementara itu, Pj. Gubernur Aceh, yang diwakili oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Aceh, Edi Yandra menyampaikan harapan terhadap berlangsungnya acara ini bahwa semoga kesadaran akan pentinganya peringatan tsunami setiap tahun serta pengolahan arsip sebagai sumber informasi berharga dapat terus ditingkatkan. 

"Mari kita jaga warisan sejarah ini dengan baik untuk kepentingan masa kini dan masa depan dengan kerja sama yang solid dan semangat yang tinggi kita bisa menggapai tujuan yang lebih mulia," tambahnya. 

Acara selanjutnya diikuti dengan Penandatangan Kerjasama antara ANRI dengan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry dan antara ANRI dengan Universitas Teuku Umar, serta Penandatangan Memorendum of Understanding (MoU) oleh ANRI bersama Universitas Teuku Umar. 

Mengiringi penandatanganan kerja sama, dilakukan pula penyerahan arsip Arsip Statis dan Penandatangan Berita Acara Serah Terima Arsip Puslatbang KHAN Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI). Arsip statis yang diserahkan terkait Laporan hasil proyek perubahan diklat kepemimpinan tingkat II tahun 2018 sebanyak 2 meter linier (10 boks arsip).  

Dilanjutkan dengan Penyerahan Arsip Statis dan Penandatangan Berita Acara Serah Terima Arsip Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Aceh (Balitbangkes Aceh) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Arsip statis yang diserahkan terkait terkait arsip laporan tahunan, laporan akuntabilitas kinerja, dan laporan hasil penelitian tahun 2010, 2011, dan 2014-2023 sebanyak 0,6 meter linier (3 boks arsip). 

Seremonial Peringatan 19 Tahun Gempa dan Tsunami Aceh merupakan puncak kegiatan dari rangkaian acara Pameran Arsip Kebencanaan/Arsip Tsunami yang menampilkan berbagai arsip dan informasi mengenai kebencanaan/tsunami yang dimiliki oleh BAST. Sebagai bagian rangkaiam acara kegiatan pameran, telah dilaksanakan secara terpisah Focus Group Discussion (FGD) pembentukan komunitas arsip kebencanaan secara daring melalui Zoom Cloud Meeting, bertajuk Arsip Kebencanaan Sebagai Rujukan Pembelajaran Bencana dan Mitigasi Bencana pada Selasa (28/11). 

Acara yang juga disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube ANRI ini bertujuan untuk meningkatkan layanan dan pemanfaatan arsip, serta untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang tsunami melalui arsip kebencanaan/arsip tsunami yang dikelola BAST. 

Melalui kegiatan ini diharapkan arsip kebencanaan/arsip tsunami yang tersimpan di BAST terus memberikan manfaat yang besar bagi pembelajaran dan penghormatan terhadap peristiwa gempa dan tsunami Aceh, tidak hanya bagi generasi saat ini tetapi juga yang akan datang seperti yang telah disampaikan Kepala BAST, Muhamad Ihwan dalam laporan kegiatan. 

( RRA )


Penulis : RRA

Bagikan

Views: 1838