08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Babak Penyisihan Arsiparis Teladan Nasional Tahun 2023

Babak Penyisihan Arsiparis Teladan Nasional Tahun 2023 Babak Penyisihan Arsiparis Teladan Nasional Tahun 2023 Babak Penyisihan Arsiparis Teladan Nasional Tahun 2023 Babak Penyisihan Arsiparis Teladan Nasional Tahun 2023

13

Mar 23

Babak Penyisihan Arsiparis Teladan Nasional Tahun 2023

Jakarta, 13/3/23 – Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Desi Pratiwi membuka secara resmi kegiatan Babak Penyisihan Arsiparis Teladan Nasional Tahun 2023 secara daring melalui aplikasi zoom cloud meeting. Pada sambutannya, Desi menyampaikan bahwa Pemilihan Arsiparis Teladan Nasional bukan untuk memilih yang terbaik, terpandai. Tetapi yang punya integritas dan kapasitas bagi pelayanan kepada masyarakat khususnya di bidang kearsipan. Apalagi saat ini sudah memasuki era teknologi informasi yang menghasilkan arsip elektronik, sehingga para arsiparis diuji untuk dapat mengelola arsip elektronik, menyajikan kepada pengguna yang berhak, menyelamatkan dan melindungi arsip yang pada akhirnya dapat menjadi memori kolektif bangsa.

Kegiatan babak penyisihan diikuti peserta yang lolos administrasi sebanyak 79 orang arsiparis dengan kategori keahlian sebanyak 46 orang dan kategori keterampilan sebanyak 33 orang. Peserta tersebut berasal dari kementerian/lembaga, pemerintah daerah dan perguruan tinggi negeri. Babak penyisihan terdiri dari ujian tertulis secara daring dan penilaian portofolio. Dari 79 orang peserta yang mengikuti babak penyisihan, selanjutnya akan diambil 30 besar dengan ketentuan 15 orang kategori keahlian dan 15 orang kategori keterampilan untuk maju ke babak semifinal

Adapun Pemilihan Arsiparis Teladan Nasional Tahun 2023 ini dimaksudkan untuk menciptakan iklim kompetitif secara sehat dan objektif, mewujudkan arsiparis yang profesional, berdaya saing global dan menerapkan core value BerAKHLAK serta meningkatkan prestasi, kreativitas, inovasi, wawasan dan keteladanan arsiparis. Rangkaian kegiatan Pemilihan Arsiparis Teladan Nasional Tahun 2023 dimulai dari kegiatan pendaftaran, seleksi administrasi, babak penyisihan, babak semifinal, babak final dan penganugerahan juara arsiparis teladan nasional 2023 (arsiparis of the year) yang akan dilaksanakan bertepatan dengan rangkaian Hari Kearsipan ke-52 di Banyuwangi.

Pemilihan Arsiparis Teladan Nasional Tahun 2023 dibiayai oleh DIPA ANRI tahun 2023 yang melekat pada program kerja Direktorat Sumber Daya Manusia Kearsipan dan Sertifikasi, sehingga para peserta yang mengikuti kegiatan ini tidak dipungut biaya.

( Rb )


Penulis : Rb
Editor : tk

Bagikan

Views: 1138