08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Bakohumas Jadi Mitra Strategis ANRI Sampaikan Informasi Program Registrasi Memori Kolektif Bangsa

Bakohumas Jadi Mitra Strategis ANRI Sampaikan Informasi Program Registrasi Memori Kolektif Bangsa Bakohumas Jadi Mitra Strategis ANRI Sampaikan Informasi Program Registrasi Memori Kolektif Bangsa Bakohumas Jadi Mitra Strategis ANRI Sampaikan Informasi Program Registrasi Memori Kolektif Bangsa

20

Oct 22

Bakohumas Jadi Mitra Strategis ANRI Sampaikan Informasi Program Registrasi Memori Kolektif Bangsa

Jakarta (20/10/2022) - Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyelenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi Bakohumas “Peran Instansi Pemerintah dalam Menciptakan Informasi Program Pembangunan sebagai Awal Pembentukan Warisan Dokumenter: Program Registrasi Nasional Memori Kolektif Bangsa” di Hotel Grand Sheraton, Gandaria City. Kegiatan ini dihadiri secara luring oleh 100 peserta yang terdiri dari perwakilan anggota Bakohumas dari Kementerian/ Lembaga. Acara ini pun disiarkan secara langsung pada kanal Youtube ArsipNasionalRI.

Pada sambutannya, Kepala ANRI, Imam Gunarto menyampaikan bahwa sektor kehumasan memiliki peran penting dalam penyelamatan dan sosialisasi kearsipan. “Bakohumas dapat menjadi forum dalam meningkatkan peran kita, instansi pemerintah untuk minenyebarluaskan informasi pembangunan yang akuntabel, terpercaya, dan lengkap agar ketika informasi tentang program pembangunan nantinya dapat kita jadikan sebagai warisan, sebagai memori kolektif bangsa. Kalau proses penciptaan informasi saat ini tidak dilakukan secara sistematis maka nanti warisan dokumenter yang terbentuk kemudian hari, sebagai bahan inspirasi kita menapaki masa depan tidak terbentuk dengan baik,” papar Imam Gunarto. Ditambahkan olehnya, Bakohumas juga dapat menjadi mitra strategis bagi instansi pemerintah, termasuk ANRI yang saat ini sedang gencar melakukan penyelamatan memori kolektif bangsa.

Rakor Bakohumas ini akan diselenggarakan dua sesi diskusi panel yang menghadirkan 4 (empat) orang narasumber antara lain Direktur Layanan dan Pemanfaatan ANRI, Multi Siswati, Sejarawan dan Dewan Pakar Komite Memori Kolektif Bangsa Asep Kambali, Staf Ahli Bidang Komunikasi Politik dan Kehumasan Kementerian Sekretariat Negara Sari Harjanti serta Direktur Pelindungan Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi Irini Dewi Wanti.

( tk )


Penulis : tk

Bagikan

Views: 630