08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Bangun Sinergitas, UI dan ANRI Tandatangani Nota Kesepakatan Bersama

23

Jul 14

Bangun Sinergitas, UI dan ANRI Tandatangani Nota Kesepakatan Bersama

Depok-  Guna  membangun  sinergitas  di  bidang  kearsipan, UniversitasIndonesia  (UI)  dan  Arsip  Nasional  Republik  Indonesia  (ANRI)menandatangani  Nota  Kesepakatan  Bersama  (NKB)  tentangPenyelenggaraan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat sertaPengembangan Kearsipan di Lingkungan Universitas Indonesia. Nota  Kesepakatan  Bersama ditandatangani  oleh  Rektor  UI  Prof.  Dr.  Ir.Muhammad Anis,  M.Met  dan Kepala  ANRI  Drs.  Mustari  Irawan,  MPA diGedung Pusat Administrasi Kampus UI Depok, Selasa 22 Juli 2014.

Dalam  Sambutannya  Mustari  mengungkapkan  bahwa  pentingnyamembangun sinergitas di antara kedua lembaga antara UI dengan ANRIsehingga akan memperoleh manfaat di masa mendatang untuk kehidupanberbangsa  dan  bernegara.  Mustari  menambahkan  pentingnyamembangun  arsip  perguruan  tinggi  (university  archives).  “Di  dalamUndang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, Pada pasal 27dikatakan bahwa setiap perguruan tinggi negeri diwajibkan membangunarsip perguruan tinggi, kalau di dalam konsep kearsipan ini yang disebutdengan  university  archives,”  ungkapnya.  Kepala  ANRI  juga mendukungdengan berdirinya arsip perguruan tinggi di Universitas Indonesia.

Pada  kesempatan  yang  sama,  Muhammad  Anis  mengutarakanharapannya  terhadap  kerja  sama  tersebut.  “Mudah-mudahan  melaluikerja sama ini, UI bisa membangun dengan apa yang disampaikan (KepalaANRI) dan UI harus menjadi trend setter untuk lebih cepat lagi prosesnyadalam mewujudkan pusat arsip UI  untuk menjadi suatu  prototype yangbisa diikuti oleh perguruan tinggi lainnya,” jelasnya. (sa)


Bagikan

Views: 1651