08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

BAST Apresiasi Pengelolaan Arsip di Pengadilan Negeri Sabang

BAST Apresiasi Pengelolaan Arsip di Pengadilan Negeri Sabang BAST Apresiasi Pengelolaan Arsip di Pengadilan Negeri Sabang BAST Apresiasi Pengelolaan Arsip di Pengadilan Negeri Sabang

09

Mar 23

BAST Apresiasi Pengelolaan Arsip di Pengadilan Negeri Sabang

Sabang - 9/3/2023, Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melaksanakan monitoring arsip di Pengadilan Negeri Sabang, Kamis (9/3). Kedatangan tim BAST yang dihadiri oleh Kepala BAST, Muhamad Ihwan beserta para Arsiparis BAST, disambut baik oleh Ketua Pengadilan Negeri Sabang, Aswid Arief dan Sekretaris Pengadilan Negeri Sabang, Teuku Zulkarnain. 

Dalam sambutannya, Teuku Zulkarnain menyampaikan bahwa pengelolaan arsip di Pengadilan Negeri Sabang sudah berkembang cukup baik, didukung dengan sumber daya kearsipan yang memadai. Perkembangan ini dapat dilihat dari sebagian besar arsip yang berada di lingkungan Pengadilan Negeri Sabang sudah dilakukan digitalisasi sehingga arsip lebih mudah diakses. 

Sementara itu, Muhamad Ihwan menyampaikan bahwa kedatangan tim BAST ke Pengadilan Negeri Sabang selain melakukan monitoring arsip, tim juga melakukan penelusuran arsip statis yang mungkin dimiliki oleh Pengadilan Negeri Sabang. Arsip statis yang bernilai guna kesejarahan ini akan bermanfaat sebagai bukti pertanggungjawaban dan bahan rujukan bagi masyarakat nantinya.

BAST memberikan apresiasi kepada Pengadilan Negeri Sabang atas pengelolaan arsip yang sudah berjalan dengan baik selama ini. Diharapkan pengelolaan arsip yang baik ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan sesuai dengan kaidah kearsipan yang berlaku.

Saat ini Pengadilan Negeri Sabang telah memiliki aplikasi berbasis web bernama SI JARA (Sistem Informasi Peminjaman Arsip Perkara). Aplikasi ini mampu menggantikan Form Peminjaman Arsip Perkara yang manual menjadi serba otomatis tercatat dengan sistem penyimpanan by Server dan mampu memberikan notifikasi keterlambatan pengembalian peminjaman arsip perkara dengan Telegram Bot.

( AYB/SR )


Penulis : AYB/SR
Editor : Nisaa

Bagikan

Views: 518