08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

BAST dan Dispusip Kota Sabang Kerja Sama Tingkatkan Kesadaran Pentingnya Pengelolaan Arsip sebagai MKB

BAST dan Dispusip Kota Sabang Kerja Sama Tingkatkan Kesadaran Pentingnya Pengelolaan Arsip sebagai MKB BAST dan Dispusip Kota Sabang Kerja Sama Tingkatkan Kesadaran Pentingnya Pengelolaan Arsip sebagai MKB BAST dan Dispusip Kota Sabang Kerja Sama Tingkatkan Kesadaran Pentingnya Pengelolaan Arsip sebagai MKB BAST dan Dispusip Kota Sabang Kerja Sama Tingkatkan Kesadaran Pentingnya Pengelolaan Arsip sebagai MKB

08

Mar 23

BAST dan Dispusip Kota Sabang Kerja Sama Tingkatkan Kesadaran Pentingnya Pengelolaan Arsip sebagai MKB

Sabang, 8/2/2023 - Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Sabang melaksanakan sosialisasi kearsipan di Aula Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Sabang, Rabu (8/3). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengelolaan arsip yang baik dan benar. Dalam sosialisasi ini turut hadir instansi vertikal di Kota Sabang dan perwakilan Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Sabang.

Dalam sambutannya, Sekretaris Dispusip Kota Sabang, Mulkan mengatakan pada saat ini Dispusip Kota Sabang masih memiliki kekurangan SDM, serta sarana dan prasarana. Mulkan juga menyadari pada saat ini arsip terkait tempat wisata bersejarah belum lengkap untuk dapat diakses oleh masyarakat luas, mengingat banyaknya wisata-wisata bersejarah di Kota Sabang.

Dalam pemaparannya, Kepala BAST, Muhamad Ihwan memaparkan beberapa cara memperbaiki kondisi kearsipan, tata cara pengelolaan arsip sesuai dengan kaidah kearsipan, serta tata cara penyusutan arsip. Hal tersebut dinilai penting untuk dilakukan agar mencapai tertib arsip.

Selanjutnya, Ihwan mengatakan arsip merupakan memori kolektif dan jati diri bangsa. Oleh sebab itu, setiap lembaga negara wajib mengelola dan menjaga arsip sesuai dengan kaidah kearsipan. Ihwan juga berharap, kedepannya Kota Sabang memiliki diorama perjalanan sejarah kota Sabang yang nantinya dapat dinikmati oleh masyarakat luas. Sehingga Kota Sabang tidak hanya dilihat dari wisatanya saja, akan tetapi dapat dilihat dari berbagai aspek.

( nda/ekh )

 


Penulis : nda/ekh
Editor : Nisaa

Bagikan

Views: 1035