08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

BAST Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Pusat Edukasi Tsunami UTU, Bantuan Pemerintah Jepang

BAST Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Pusat Edukasi Tsunami UTU, Bantuan Pemerintah Jepang BAST Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Pusat Edukasi Tsunami UTU, Bantuan Pemerintah Jepang BAST Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Pusat Edukasi Tsunami UTU, Bantuan Pemerintah Jepang

18

Apr 24

BAST Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Pusat Edukasi Tsunami UTU, Bantuan Pemerintah Jepang

Aceh Barat - 18/04/24, Kepala Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) yang diwakili oleh Ketua Tim Layanan dan Pemanfaatan BAST, Farhan Muhammad Uzair didampingi Arsiparis BAST menghadiri acara peletakan batu pertama pembangunan gedung Pusat Edukasi Tsunami Bantuan Pemerintah Jepang di Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh. Kegiatan ini dihadiri pula oleh Kepala Bappeda Aceh Barat, Kepala BPBD Aceh Barat dan unsur Forkompimcam Aceh Barat, serta para civitas akademika UTU.

Rektor UTU, Prof. Ishak dalam acara ini menyampaikan bahwa UTU berperan dalam memberikan ilmu kepada seluruh masyarakat. Maka dari itu, Pusat Edukasi Tsunami ini hadir sebagai sarana dalam meningkatkan pendidikan masyarakat, terutama mengenai kebencanaan. Ia menambahkan, pembangunan pusat edukasi ini ditargetkan selesai pada tahun ini.

Pendirian Pusat Edukasi Tsunami ini sendiri merupakan bentuk kerjasama UTU dengan Pemerintah Jepang dalam upaya meningkatkan edukasi terkait bencana tsunami, mitigasi bencana, sumber penelitian dan riset bagi para dosen maupun mahasiswa, serta memberikan kontribusi kepada masyarakat dalam merawat memori dan menjadikan memori itu sebagai pelajaran untuk mitigasi bencana tsunami.

Farhan mewakili Kepala BAST mengungkapkan bahwa BAST siap mendukung kehadiran Pusat Edukasi Tsunami ini. Dengan adanya Pusat Edukasi Tsunami di Meulaboh, maka masyarakat di wilayah barat tidak perlu lagi melakukan perjalanan jauh ke Kota Banda Aceh untuk belajar tentang bencana tsunami.  Selanjutnya, Pusat Edukasi Tsunami diharapkan dapat memberikan kemanfaatan bagi masyarakat di Aceh Barat dan juga masyarakat Aceh pada umumnya, serta bagi masyarakat di seluruh dunia. 

( aj/sr )

 


Foto : BAST
Penulis : aj/sr
Editor : sa

Bagikan

Views: 127