08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

BAST Hadiri Pembukaan Rakor Evaluasi Hasil Pengawasan Kearsipan Tahun 2024

BAST Hadiri Pembukaan Rakor Evaluasi Hasil Pengawasan Kearsipan Tahun 2024 BAST Hadiri Pembukaan Rakor Evaluasi Hasil Pengawasan Kearsipan Tahun 2024 BAST Hadiri Pembukaan Rakor Evaluasi Hasil Pengawasan Kearsipan Tahun 2024

28

May 24

BAST Hadiri Pembukaan Rakor Evaluasi Hasil Pengawasan Kearsipan Tahun 2024

Samarinda - 28/05/24, Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menghadiri Rapat Koordinasi Evaluasi Hasil Pengawasan Kearsipan tahun 2024 dalam rangka memperingati Hari Kearsipan Nasional (HKN) ke-53. Kegiatan ini dihadiri langsung Kepala BAST, Muhamad Ihwan bersama dengan para arsiparis BAST di Ballroom Hotel Mercure Samarinda, Selasa, 28 Mei 2024.

Sekretaris Utama ANRI, Rini Agustiani dalam laporannya menyampaikan bahwa Pusat Akreditasi ANRI telah mengakreditasi 17 lembaga, 8 unit kearsipan, 9 lembaga kearsipan, dan 4 instansi yang meraih akreditasi istimewa AA. Hal ini menjadi perkembangan yang baik dan diharapkan akan menjadi lebih baik di tahun selanjutnya.

Pada kesempatan ini, Plt. Kepala ANRI, Imam Gunarto selanjutnya menekankan bahwa perlu adanya kerja sama satu sama lain dalam membangun kearsipan. Pembangunan kearsipan ini tentunya harus terintegrasi sejak perencanaan hingga pengawasan. 

 “Tidak boleh ada kegiatan yang tidak direncanakan lagi,” ungkapnya.

Terdapat beberapa isu penting yang dibahas. Isu-isu ini diantaranya mengenai percepatan pencapaian kualitas pelaksanaan kearsipan melalui pembinaan melalui tanggungjawab ANRI, Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri), dan Pemerintah Daerah, target pengelolaan arsip tahun 2025 sebagai big data nasional, dan posisi BUMD guna memperjelas pengelolaan arsipnya.

Selain itu, optimalisasi digitalisasi kearsipan diharapkan terus berjalan mulai dari SRIKANDI hingga SIKN dan JIKN, dan kedepannya digitalisasi layanan akreditasi dijalankan untuk mempercepat proses akreditasi kepada semua organisasi kearsipan di Indonesia. 

( (sr/wan) )


Foto : BAST ANRI
Penulis : (sr/wan)
Editor : is

Bagikan

Views: 66