08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

BAST Kenalkan Pengelolaan Arsip dan Aplikasi SRIKANDI pada Mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Informasi UIN Ar-Raniry

BAST Kenalkan Pengelolaan Arsip dan Aplikasi SRIKANDI pada Mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Informasi UIN Ar-Raniry BAST Kenalkan Pengelolaan Arsip dan Aplikasi SRIKANDI pada Mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Informasi UIN Ar-Raniry BAST Kenalkan Pengelolaan Arsip dan Aplikasi SRIKANDI pada Mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Informasi UIN Ar-Raniry BAST Kenalkan Pengelolaan Arsip dan Aplikasi SRIKANDI pada Mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Informasi UIN Ar-Raniry

16

Jun 23

BAST Kenalkan Pengelolaan Arsip dan Aplikasi SRIKANDI pada Mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Informasi UIN Ar-Raniry

Banda Aceh, 15/06/2023 - Balai Arsip Statis dan Tsunami  (BAST) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menerima kunjungan mahasiswa/i program studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi UIN Ar-Raniry didampingi oleh Zikrayanti, S. IP., M.LIS selaku dosen pembimbing mata kuliah kearsipan. Kunjungan yang dilaksanakan mulai 15 – 16 Juni 2023 ini dilakukan dalam rangka memberikan pengalaman dan pengetahuan baru kepada mahasiswa/i mengenai pengelolaan arsip di BAST serta memperdalam pengetahuan terkait aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI).

Dalam upaya memperluas wawasan kearsipan, mahasiswa/i diajak untuk menikmati pameran on site serta mempelajari kegiatan pengelolaan arsip di BAST, terutama terkait arsip tsunami yang telah diakui sebagai Memory of the World (MoW) oleh United Nations Education, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Selain itu, mahasiswa/i juga belajar tentang aplikasi SRIKANDI. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang diluncurkan pemerintah dalam mendukung pengelolaan arsip dan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik/digital. Hal ini merujuk pada program pemerintah yang tengah dikembangkan saat ini yaitu SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik).

Melalui MoU yang telah terjalin, BAST dan UIN berkomitmen untuk melakukan pengembangan sumber daya manusia (SDM) di bidang kearsipan. Mahasiswa/i yang merupakan calon SDM kearsipan merupakan fokus utama sebagai upaya BAST dan UIN, agar lebih membangkitkan potensi-potensi kearsipan, khususnya di Aceh.

( sr/ekh )


Penulis : sr/ekh

Bagikan

Views: 849