08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

BAST Laksanakan Pameran Arsip Statis dan LARASKA di UIN Ar-Raniry

BAST Laksanakan Pameran Arsip Statis dan LARASKA di UIN Ar-Raniry BAST Laksanakan Pameran Arsip Statis dan LARASKA di UIN Ar-Raniry BAST Laksanakan Pameran Arsip Statis dan LARASKA di UIN Ar-Raniry BAST Laksanakan Pameran Arsip Statis dan LARASKA di UIN Ar-Raniry

06

Dec 23

BAST Laksanakan Pameran Arsip Statis dan LARASKA di UIN Ar-Raniry

Banda Aceh - 06/12/23, Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melaksanakan pameran arsip statis dan Layanan Restorasi Arsip Keluarga (LARASKA) pada kegiatan Expo Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) 2023 yang diselenggarakan sejak tanggal 4-6 Desember 2023.

Expo Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) 2023 mengambil tema “Mengasah Kemampuan Akademik melalui Pameran Kontemporer, Seminar Filologi, dan Lomba Tulis Karya Ilmia : "Memperkenalkan Sejarah, Budaya dan Kebencanaan di Provinsi Aceh".

Penyelenggaraan pameran ini merupakan bentuk kerja sama antara BAST dan UIN Ar-Raniry melalui MoU yang telah terjalin dalam rangka memberikan edukasi serta pembelajaran bagi masyarakat, terutama mahasiswa dan para peneliti terkait sejarah kebencanaan serta peran negara-negara donor dalam hal memberikan sumbangsihnya kepada Aceh pasca tsunami yang terjadi 2004 silam.

Arsip-arsip yang ditampilkan BAST dalam pameran ini sendiri berupa arsip hubungan Aceh dan Turki masa rehabilitasi dan rekonstruksi pascatsunami. Pada masa tersebut, Turki telah banyak  memberikan bantuan kepada rakyat Aceh sehingga Aceh dapat kembali membangun diri menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Selain pameran, BAST turut memberikan Layanan Restorasi Arsip Keluarga (LARASKA) bagi para pengunjung yang datang ke pameran. Diharapkan dengan adanya LARASKA ini dapat mendorong antusiasme publik dalam hal merawat arsipnya masing-masing.

( ry/sr )


Penulis : ry/sr

Bagikan

Views: 259