08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

BAST Menerima Kunjungan Konjen Jepang di Medan

BAST Menerima Kunjungan Konjen Jepang di Medan BAST Menerima Kunjungan Konjen Jepang di Medan BAST Menerima Kunjungan Konjen Jepang di Medan

11

Jul 23

BAST Menerima Kunjungan Konjen Jepang di Medan

Banda Aceh, 11/07/2023 - Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menerima kunjungan dari Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang di Medan. Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka silahturahmi serta membahas terkait rencana kerja sama kearsipan dengan BAST.

Konjen Jepang di Medan, Takonai Susumu mengungkapkan bahwa arsip menjadi penting sebagai bentuk pertahanan budaya yang nantinya akan menjadi pembelajaran di kemudian hari. Oleh karena itu, pelestarian arsip dilakukan sebagai bentuk kontribusi Jepang dalam menjaga aset dari negara.

Kepala BAST, Muhamad Ihwan dalam sambutannya menyampaikan bahwa diharapkan akan ada kerja sama yang dilakukan BAST bersama Konjen Jepang di Medan dalam mengembangkan kearsipan di Indonesia, khususnya di Aceh.

“Kerja sama ini bisa berupa bimbingan teknis serta seminar kearsipan dari pihak Jepang yang dapat meningkatkan kompetensi para arsiparis,” jelasnya.

Diketahui bahwa Jepang mengalami perkembangan yang sangat pesat di bidang kearsipan yang merupakan aspek penting dalam melestarikan aset bangsa. Dengan dilakukannya pemanfaatan teknologi dan informasi, Jepang mengupayakan proses digitalisasi secara optimal dan modern, sehingga manfaat dari arsip bisa didapat dan dirasakan kemudahannya oleh masyarakat luas. 

( SR )

 


Penulis : SR
Editor : sa

Bagikan

Views: 519