08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

BAST Promosikan Pusat Studi Arsip Kebencanaan/Arsip Tsunami pada Peringatan Hari Kearsipan ke-52

BAST Promosikan Pusat Studi Arsip Kebencanaan/Arsip Tsunami pada Peringatan Hari Kearsipan ke-52 BAST Promosikan Pusat Studi Arsip Kebencanaan/Arsip Tsunami pada Peringatan Hari Kearsipan ke-52 BAST Promosikan Pusat Studi Arsip Kebencanaan/Arsip Tsunami pada Peringatan Hari Kearsipan ke-52

22

May 23

BAST Promosikan Pusat Studi Arsip Kebencanaan/Arsip Tsunami pada Peringatan Hari Kearsipan ke-52

Banyuwangi, 22/05/2023 - Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) mempromosikan Pusat Studi Arsip Kebencanaan/Arsip Tsunami yang dikelola dalam Ekshibisi One Stop Services pada acara Peringatan Hari Kearsipan (HK) ke-52 yang dilaksanakan di Ballroom El- Hotel Royale, Banyuwangi, Jawa Timur.

Dalam pameran tersebut, BAST memperkenalkan Pusat Studi Arsip Kebencanaan/Arsip Tsunami yang memiliki tugas dan fungsi untuk memberikan pelayanan dan pemanfaatan berbagai khazanah arsip statis, seperti arsip tsunami, arsip lembaga vertikal dan arsip perorangan.

Arsip tsunami yang tersimpan di BAST juga telah diakui sebagai Memory of the World (MoW) pada tahun 2017, sehingga menjadikan BAST sebagai satu satunya instansi vertikal yang menyimpan koleksi tersebut.

Kepala BAST yang juga ikut menghadiri Peringatan HK ke-52 mengatakan, Ekshibisi One Stop Services ini merupakan momentum bagi BAST untuk memperkenalkan Pusat Studi Arsip Kebencanaan/Arsip Tsunami tidak hanya kepada masyarakat tapi juga kepada lembaga-lembaga kearsipan yang ada di seluruh Indonesia.

"Alhamdulillah, pada Hari Kearsipan kali ini kita juga diberikan kesempatan dan tempat di Ekshibisi One Stop Services, semoga Pusat Studi Arsip Kebencanaan/Arsip Tsunami yang kita kelola semakin dikenal sehingga arsip-arsipnya dapat dimanfaatkan untuk sumber ilmu pengetahuan, terutama tentang bencana tsunami," ungkap Ihwan.

Ihwan mengatakan, selain mempromosikan pusat studi, tim dari BAST juga belajar dari unit-unit maupun lembaga kearsipan lainnya untuk menambah pengetahuan tentang pengelolaan arsip statis maupun arsip dinamis.

( han )


Penulis : han

Bagikan

Views: 431