08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

BAST Selenggarakan Pameran Arsip Kebencanaan/Arsip Tsunami

BAST Selenggarakan Pameran Arsip Kebencanaan/Arsip Tsunami BAST Selenggarakan Pameran Arsip Kebencanaan/Arsip Tsunami BAST Selenggarakan Pameran Arsip Kebencanaan/Arsip Tsunami

13

Dec 23

BAST Selenggarakan Pameran Arsip Kebencanaan/Arsip Tsunami

Banda Aceh, 13/12/2023 – Dalam rangka memperingati 19 tahun gempa dan tsunami Aceh,  Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyelenggarakan pameran arsip kebencanaan/arsip tsunami yang merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan dalam puncak acara peringatan 19 tahun gempa dan tsunami Aceh, B19 Wave to Learn : Belajar Tsunami dari Arsip.

Pameran tersebut mengambil beberapa tema diantaranya Eksistensi Perempuan Aceh dalam Rehabilitasi dan Rekonstruksi serta Ketangguhan Perempuan Indonesia pada Masa Perjuangan Kemerdekaan RI. Kedua tema ini diambil sebagai bentuk penghargaan bagi perempuan di seluruh Indonesia dalam perjuangannya untuk bangkit melawan kesulitan, tidak peduli seberat apa pun kehidupan yang telah dilaluinya.

Selain itu, BAST turut menampilkan pameran bertemakan Tapak Demi Tapak Mengubah Air Mata Menjadi Mata Air yang menampilkan kolase perjalanan BAST dalam menjalankan tugas memberikan manfaatnya kepada masyarakat luas.

Melalui pameran arsip kebencanaan/arsip tsunami ini diharapkan dapat menambah pembelajaran dan wawasan terkait arsip kebencanaan, serta dapat menjadi bahan renungan bahwa bencana tidak selamanya tentang duka, ada banyak hal yang dapat dipetik dalam perjalanan kehidupan, di hari ini maupun di hari esok yang akan datang.

( SR )


Penulis : SR

Bagikan

Views: 493