08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

BAST Telusur Arsip Tsunami di PMI Provinsi Aceh

BAST Telusur Arsip Tsunami di PMI Provinsi Aceh BAST Telusur Arsip Tsunami di PMI Provinsi Aceh BAST Telusur Arsip Tsunami di PMI Provinsi Aceh BAST Telusur Arsip Tsunami di PMI Provinsi Aceh

15

Aug 23

BAST Telusur Arsip Tsunami di PMI Provinsi Aceh

Aceh Besar, 15/08/2023 - Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melakukan kunjungan ke Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Aceh dalam rangka penelusuran arsip tsunami.

Kunjungan ini disambut baik oleh Kepala Markas PMI Provinsi Aceh, Surya Chandra NST dan Kepala Divisi Pelayanan Kesehatan Sosial, Iskandar Muda Lubis. Surya mengatakan, PMI Provinsi Aceh banyak terlibat pada saat pascabencana gempa dan tsunami, sehingga menghasilkan banyak arsip terutama arsip foto, akan tetapi selama ini arsip-arsip yang ada di PMI Provinsi Aceh tidak tertata dengan baik bahkan ada yang sudah dimusnahkan.

Kepala BAST, Muhamad Ihwan menyampaikan bahwa arsip-arsip yang dihasilkan dari kegiatan PMI Provinsi Aceh sangat penting untuk dilestarikan mengingat PMI Provinsi Aceh berperan penting pascabencana gempa dan tsunami di Provinsi Aceh tahun 2004 silam terjadi. Ihwan pada kunjungan ini juga mendorong PMI Provinsi Aceh untuk dapat menyerahkan arsip-arsip tersebut ke BAST agar dapat disimpan di BAST untuk dikelola menjadi informasi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas.

Pada saat kunjungan ini juga diperoleh informasi bahwa PMI Provinsi Aceh juga berperan menjadi relawan kemanusiaan pada saat masa konflik Aceh. Diharapkan dengan adanya kunjungan ini sinergi antara BAST dan PMI Provinsi Aceh dapat terjalin dengan baik, serta arsip tsunami yang masih tersimpan di PMI Provinsi Aceh dapat segera diserahkan ke BAST.

( ndr )


Penulis : ndr
Editor : sa

Bagikan

Views: 701