08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Berikan Bekal Penyelamatan Arsip, Direktorat Preservasi Gelar Bimtek di Sulawesi Tengah

Berikan Bekal Penyelamatan Arsip, Direktorat Preservasi Gelar Bimtek di Sulawesi Tengah Berikan Bekal Penyelamatan Arsip, Direktorat Preservasi Gelar Bimtek di Sulawesi Tengah Berikan Bekal Penyelamatan Arsip, Direktorat Preservasi Gelar Bimtek di Sulawesi Tengah Berikan Bekal Penyelamatan Arsip, Direktorat Preservasi Gelar Bimtek di Sulawesi Tengah

10

Aug 23

Berikan Bekal Penyelamatan Arsip, Direktorat Preservasi Gelar Bimtek di Sulawesi Tengah

Palu, 11/08/2023 – Dalam rangka memberikan pengetahuan dan meningkatkan kapasitas arsiparis dalam menyelamatkan arsip, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tengah dan Direktorat Preservasi Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyelenggarakan bimbingan teknis (bimtek) di Provinsi Sulawesi Tengah, pada 10 s.d. 11 Agustus 2023. Kegiatan bimtek dihadiri oleh arsiparis dari 13 lembaga kearsipan daerah kabupaten/kota di lingkungan Provinsi Sulawesi Tengah.  

Bimtek dengan tema Preservasi, Restorasi, dan Penyelamatan Arsip Terdampak Bencana ini dihadiri oleh 33 peserta dan 2 (dua) orang narasumber yang merupakan arsiparis dari Tim Restorasi Arsip Direktorat Preservasi ANRI. Kegiatan ini dilaksanakan karena arsiparis merupakan garda terdepan dalam penyelamatan arsip perlu untuk diberikan bekal pengetahuan preservasi, restorasi, dan penyelamatan arsip terdampak bencana.

Sulawesi Tengah merupakan salah satu provinsi yang dilintasi garis khatulistiwa, menjadikan daerah ini beriklim tropis dengan cuaca panas dan kelembapan tinggi sepanjang tahun. Hal ini menjadi ancaman terjadinya kerusakan arsip. Di samping itu, sesar Palu Koro yang masih aktif juga berisiko mengakibatkan potensi munculnya bencana likuifaksi dan tektonik. Ancaman bencana tersebut terhadap arsip dapat menyebabkan kerusakan arsip, musnahnya arsip, dan risiko hilang seketika saat terjadi bencana.

Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat menjadi bekal pengetahuan dan peningkatan kapasitas serta kapabilitas arsiparis se-Provinsi Sulawesi Tengah dalam mempreservasi dan merestorasi arsip statis, juga menyelamatkan arsip terdampak bencana ketika terjadi bencana.

( MA/AW )


Penulis : MA/AW
Editor : sa

Bagikan

Views: 541