08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Bertukar Pengalaman, Dewan Eksekutif Organisasi Internasional Kunjungi Direktorat Preservasi

Bertukar Pengalaman, Dewan Eksekutif Organisasi Internasional Kunjungi Direktorat Preservasi Bertukar Pengalaman, Dewan Eksekutif Organisasi Internasional Kunjungi Direktorat Preservasi Bertukar Pengalaman, Dewan Eksekutif Organisasi Internasional Kunjungi Direktorat Preservasi Bertukar Pengalaman, Dewan Eksekutif Organisasi Internasional Kunjungi Direktorat Preservasi

07

Nov 23

Bertukar Pengalaman, Dewan Eksekutif Organisasi Internasional Kunjungi Direktorat Preservasi

Jakarta - (07/11/2023) Usai mengikuti Seminar Internasional “Audiovisual Archives Preservation Strategies” (6/22/2023), Dewan Eksekutif Southeast Asia-Pacific Audiovisual Archive Association (SEAPAVAA) melakukan kunjungan ke Direktorat Preservasi, meliputi tempat penyimpanan arsip, restorasi arsip, digitasi dan peningkatan kualitas arsip digital, laboratorium dan autentikasi arsip, serta arsip digital.

Pada kunjungannya di depot penyimpanan arsip audio visual, para dewan eksekutif SEAPAVAA melihat khazanah arsip film/video/rekaman suara/mikrofilm yang disimpan di Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Adapun rincian jumlah khazanah audio visual yang disimpan di ANRI per Oktober 2023 terdiri atas 59.055 reel arsip film, 55.469 kaset arsip rekaman suara, dan 27.506 kaset arsip video. Seluruh khazanah arsip dijaga pada suhu dan kelembaan sesuai dengan standar berdasarkan Peraturan Kepala ANRI Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pedoman Preservasi Arsip Statis, agar khazanah arsip statis terus terjaga kelestariannya. 

 Kunjungan dilanjutkan  ke tempat restorasi arsip, serta digitasi dan peningkatan kualitas arsip digital. Di tempat ini Dewan Eksekutif SEAPAVAA melihat cara restorasi dan digitasi arsip audio visual. Selanjutnya, kunjungan ke laboratorium dan autentikasi arsip yang memperlihatkan beberapa kegiatan autentikasi arsip statis yang pernah dilakukan ANRI serta e-depot ANRI.

Para anggota Dewan Eksekutif SEAPAVAA terlihat antusias terhadap berbagai khazanah arsip audiovisual yang disimpan ANRI beserta dengan berbagai fasilitas yang mendukung untuk preservasi arsip tersebut. Para anggota Dewan Eksekutif SEAPAVAA dan pegawai ANRI juga saling bertukar pengalaman dan informasi terkait cara pelestarian arsip audiovisual yang tepat.

( EJ/SR )

 


Penulis : EJ/SR
Editor : tk

Bagikan

Views: 227