Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta 12560

Uber Arsip
Logo ANRI
BIG SERAHKAN ARSIP STATIS KE ANRI BIG SERAHKAN ARSIP STATIS KE ANRI BIG SERAHKAN ARSIP STATIS KE ANRI BIG SERAHKAN ARSIP STATIS KE ANRI

06

Apr 21

BIG SERAHKAN ARSIP STATIS KE ANRI

Jakarta - 06/04/21. Badan Informasi Geospasial (BIG) menyerahkan Arsip Statisnya kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Arsip statis yang diserahkan berupa arsip Eks. Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal) antara lain Atlas dan Peta. Atlas terdiri dari Atlas Sosial dan Sumber Daya serta Atlas Dinding. Sedangkan Peta terdiri dari Peta Garis Pangkal, Peta Lapangan Terbang, Peta Lingkungan Bandara, Peta Rupabumi Indonesia,     Peta Sealand, Peta World Aeronautical Chart (WAC) dan    Peta    Zona    Ekonomi    Eksklusif (ZEE) dari tahun 1986 s.d. 2009 yaitu sebanyak 250 nomor arsip (14 jilid atlas dan 240 lembar  arsip peta). Arsip tersebut diserahkan oleh Kepala Badan Informasi Geospasial, Muh Aris Marfai kepada Plt. Kepala ANRI, M. Taufik di Kantor ANRI, Ampera Raya, Jakarta, 6 April 2021.

“Arsip statis yang diserahkan merupakan memori yang sangat penting bagi kita dan generasi mendatang, karena menggambarkan sejarah bangsa. Dengan diserahkannya arsip statis pada hari ini berarti kita telah mewariskan informasi yang sangat berharga di Indonesia sebagai bahan perenungan dan pembelajaran bagi generasi mendatang, dan seterusnya”, tutur M. Taufik dalam sambutannya.

Sementara itu Kepala Badan Informasi Geospasial, Muh Aris Marfai  menyampaikan pentingnya penyerahan arsip statis sebagai bukti pertanggungjawaban nasional. “Pengelolaan arsip yang tertib merupakan upaya untuk menjamin keselamatan dan keamanan arsip, terutama arsip geospasial yang merupakan arsip terjaga BIG, yang harus dilaporkan dan diserahkan ke ANRI sebagai pertanggungjawaban nasional”, ungkapnya

Muh Aris Marfai berharap kegiatan serah terima arsip statis dari BIG ini dapat dilaksanakan secara berkala, sebagai wujud bukti pertanggungjawaban dari kegiatan yang telah dilaksanakan oleh BIG. (IS/MD)

 

( IS/MD )