08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Dinamis Secara Daring

Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Dinamis Secara Daring Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Dinamis Secara Daring Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Dinamis Secara Daring Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Dinamis Secara Daring

22

Jan 24

Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Dinamis Secara Daring

Jakarta - 22/01/24, Dalam rangka peningkatan kompetensi sumber daya manusia kearsipan dalam pengelolaan arsip dinamis, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melalui Direktorat Kearsipan Daerah II telah melaksanakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Dinamis (Bimtek PAD) bagi Arsiparis Hasil Penyetaraan dan Inpassing secara daring pada Hari Senin-Selasa, 22–23 Januari 2024. Bimtek PAD pada hari pertama menyajikan materi Kebijakan PAD, Pengelolaan Arsip Dinamis Aktif dan Pengelolaan Arsip Dinamis Inaktif, sedangkan hari kedua diisi dengan materi Penyusutan Arsip serta SDM kearsipan. Antusiasme peserta cukup siginfikan dengan atensi jumlah peserta yang mencapai 640 (enam ratus empat puluh) orang peserta serta banyaknya pertanyaan yang diajukan selama sesi acara. Dalam respon evaluasi kegiatan, peserta menyampaikan harapan agar dapat diadakan kegiatan bimbingan atau pendampingan pengelolaan kearsipan berkelanjutan sehingga peserta dapat memperoleh pengetahuan dan pemahaman yang mencukupi dalam mengimplementasikan teori dan teknis pengelolaan kearsipan.

Selain kegiatan Bimtek PAD, Direktorat Kearsipan Daerah II juga menyelenggarakan rapat koordinasi dalam rangka menindaklanjuti rekomendasi hasil pengawasan kearsipan. Rapat koordinasi ini dilakukan secara daring pada Kamis 25 Januari 2024 dengan mengundang Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dan Kepala Bidang yang membidangi pengawasan kearsipan di lingkungan Provinsi wilayah binaan Sumatera dan Jawa. Tujuan kegiatan rakor ini adalah untuk menyamakan persepsi, menyelaraskan langkah dan arah antara  ANRI (Direktorat Kearsipan Daerah II) dan Lembaga Kearsipan Daerah Provinsi dalam melaksanakan tugas fungsi pembinaan dan pengawasan kearsipan atas LKD Kabupaten/Kota di wilayah binaannya.

 

( IKN )


Foto : Kearsipan Daerah II
Penulis : IKN
Editor : is

Bagikan

Views: 264