08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Bimtek Pendampingan Penerapan Aplikasi SRIKANDI di Kota Banda Aceh

Bimtek Pendampingan Penerapan Aplikasi SRIKANDI di Kota Banda Aceh Bimtek Pendampingan Penerapan Aplikasi SRIKANDI di Kota Banda Aceh Bimtek Pendampingan Penerapan Aplikasi SRIKANDI di Kota Banda Aceh Bimtek Pendampingan Penerapan Aplikasi SRIKANDI di Kota Banda Aceh

05

Jun 24

Bimtek Pendampingan Penerapan Aplikasi SRIKANDI di Kota Banda Aceh

Banda Aceh - 05/06/24, Sebanyak 150 orang peserta mengikuti rangkaian kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek)  Pendampingan Penerapan Aplikasi e-Arsip Terintegrasi (SRIKANDI) di Hermes Palace Hotel, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kegiatan ini diselenggarakan pada 5-6 Juni 2024 oleh Direktorat Kearsipan Daerah II Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dalam rangka percepatan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), di mana para peserta diberikan panduan, bimbingan, dan pendampingan dalam mengisi (input), mengedit, menambah, sekaligus menggunakan aplikasi SRIKANDI sebagai aplikasi korespondensi terintegrasi nasional. Peserta terdiri atas perwakilan dari Lembaga Kearsipan Daerah (LKD), Sekretariat Daerah, Dinas Kominfo, serta dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dari 17 pemerintah daerah pemerintah kabupaten/kota di Provinsi Aceh.

Dalam sambutan arahan kebijakan kearsipan, Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan, Desi Pratiwi menyampaikan arahan Presiden Joko Widodo pada peringatan Hari Kearsipan Nasional ke-53 bahwa bangsa Indonesia perlu mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dalam pengelolaan arsip yang lebih efisien, salah satunya melalui SRIKANDI, sekaligus terus merawat warisan leluhur bangsa dengan mengelola arsip bangsa ini dengan baik.

Direktur Kearsipan Daerah II, Suminarsih menyampaikan laporan bahwa hingga saat ini perkembangan penerapan aplikasi SRIKANDI di wilayah Barat (Jawa dan Sumatera), dari 283 daerah provinsi/kabupaten/kota, telah diberikan akun live sejumlah 283 daerah atau 100%. Pada tahun 2024 ini, sebagaimana target Rencana Strategis ANRI, 80 daerah harus menerapkan SRIKANDI. Provinsi Aceh kali ini merupakan tahapan bimtek pertama dilaksanakan di tahun 2024 dan akan disusul untuk lokus yang lainnya. 

Kegiatan Bimtek Penerapan Aplikasi SRIKANDI dilaksanakan  untuk memberikan pendampingan secara langsung kepada daerah dalam menerapkan aplikasi SRIKANDI. Melalui kegiatan ini diharapkan daerah mampu untuk menerapkan dengan baik dan kemudian memberikan manfaat dalam tata kelola penyelenggaraan kearsipan di daerah. Para peserta yang hadir dalam kegiatan kali ini juga diharapkan dapat menjadi penggerak di daerah masing-masing dalam menerapkan aplikasi SRIKANDI.

 

( IKN )


Foto : Kearsipan Daerah II
Penulis : IKN
Editor : sa

Bagikan

Views: 130